KPA KOTA SUKABUMI MERASA BINGUNG MELAKSANAKAN PERPRES NOMOR 124 TAHUN 2016 TENTANG KPAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Jajaran Pengurus dan Anggota KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi, merasa bingung melaksanakan Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 124 Tahun 2016, atas Perubahan Perpres Nomor 75 Tahun 2006 Tentang KPAN (Komisi Penanggulangan AIDS Nasional). Karena seperti dikatakan Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., selaku Ketua KPA Kota Sukabumi, dalam Perpres tersebut dijelaskan ada perubahan secara struktural di KPA Kota dan Kabupaten di Indonesia, yakni seluruh tugas harian KPA ada di Dinas Kesehatan.

Disamping itu juga dikatakan, dengan adanya Perpres tersebut, semua pihak merasa khawatir, karena tugas dan peran KPA dalam melaksanakan upaya pencegahan penularan dan penanggulangan HIV-AIDS tidak akan berjalan dengan baik. Apalagi kasus HIV-AIDS ini, khususnya di Kota Sukabumi terus mengalami peningkatan secara signifikan. Dikatakan pula, apabila seluruh tugas harian KPA ada di Dinas Kesehatan, dikhawatirkan tidak akan berjalan dengan baik, sebab tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan pun cukup banyak, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan palayanan kepada warga masyarakat.

Selain itu, apabila seluruh tugas harian KPA ada di Dinas Kesehatan, tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan akan lebih banyak lagi. Sebab tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh KPA pun cukup banyak, khususnya dalam melaksanakan pencegahan penularan dan penanggulangan HIV-AIDS, sehingga dikhawatirkan tidak akan berjalan dengan baik, karena terlalu banyak tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, KPA Kota Sukabumi, saat ini sedang fokus dan gencar melaksanakan tugas dan upaya pencegahan penularan dan penanggulangan HIV-AIDS di Kota Sukabumi, khususnya kepada setiap warga masyarakat yang tertular virus HIV-AIDS. Dijelaskan pula, kendati ada perubahan struktur di KPA sesuai dengan Perpres Nomor 124 Tahun 2016 Tentang KPAN, namun KPA Kota Sukabumi tetap fokus dan serius dalam melaksanakan tugas dan upaya pencegahan penularan dan penanggulangan HIV-AIDS di Kota Sukabumi. Sedangkan mengenai  Perpres Nomor 124 Tahun 2016 Tentang KPAN yang harus segera dilaksanakan, menurut Wakil Walikota Sukabumi, pihaknya beserta seluruh jajaran Pengurus dan Anggota KPA Kota Sukabumi, akan segara melaksanakan rapat internal.