NILAI INFLASI KOTA SUKABUMI HINGGA TRIWULAN PERTAMA TAHUN 2017 MASIH RELATIF STABIL

Reporter : ENDANG SUMARDI

Nilai inflasi Kota Sukabumi, hingga triwulan pertama tahun 2017, tepatnya dari bulan Januari 2017 sampai dengan bulan Maret 2017 masih relatif stabil, yakni hanya sebesar 1,42 persen.  Sedangkan inflansi pada bulan Maret 2017, hanya mencapai 0,23 persen. Nilai inflansi tersebut, menurut Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Ketua TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kota Sukabumi, dihitung dari jumlah keseluruhan harga komoditas, serta dipengaruhi oleh nilai IHK (Indeks Harga Konsumen) setiap bulan.

Dijelaskannya, nilai IHK Kota Sukabumi, pada bulan Februari 2017 mencapai 126,58, dan pada bulan Maret 2017 mencapai 126,87. Nilai tersebut didapat, berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, inflasi Kota Sukabumi pada bulan Maret 2017 yang mencapai 0,23 persen tersebut, dipengaruhi oleh naiknya tarif dasar listrik, sayuran dan komoditas lainnya, yang turut memberikan andil terhadap nilai inflasi di Kota Sukabumi. Sedangkan yang memberikan andil tertinggi terhadap nilai inflasi di Kota Sukabumi pada triwulan pertama tahun 2017 ini, yakni komoditas Sembako (Sembilan Bahan Pokok).

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi sudah dan akan terus melakukan berbagai upaya dan antisipasi, terhadap melonjaknya harga Sembako di Kota Sukabumi, terutama pada saat menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, karena harga Sembako di pasaran di Kota Sukabumi, senantiasa mengalami peningkatan bahkan mengalami lonjakan.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum dan tidak menemukan hal-hal yang signifikan, yang dapat mempengaruhi terhadap nilai inflasi di Kota Sukabumi. Namun  demikian, pihaknya tidak memungkiri, ada kenaikan harga terhadap beberapa bahan pokok di Kota Sukabumi, yang dapat mempengaruhi terhadap nilai inflansi di Kota Sukabumi, termasuk adanya kebijakan dan kenaikan tarif dasar listrik di Kota Sukabumi. Namun hingga saat ini, nilai inflasi di Kota Sukabumi pada umumnya masih relatif aman dan stabil.

Menyinggung kelompok yang senantiasa mempengaruhi terhadap nilai inflansi di Kota Sukabumi, seperti diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, diantaranya kelompok kesehatan, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar, serta kelompok pendidikan, rekreasi, olah raga, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, termasuk kelompok bahan makanan, sandang, transportasi, komunikasi dan jasa keuangan.