KEGIATAN PENGAMANAN DALAM TAHUN 2017 INI SEDIKITNYA ADA 3 POINT UTAMA YANG MENJADI PERHATIAN PRESIDEN RI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Kapolri (Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia), Jenderal Polisi Drs. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D., kegiatan pengamanan dalam tahun 2017 ini, sedikitnya ada 3 point utama yang menjadi perhatian Presiden RI, yakni terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang kondusif, serta keamanan, kelancaran dan kenyamanan arus mudik dan arus balik.

Penandasan Kapolri tersebut, disampailkan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., saat memberi sambutan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Tahun 2017 Tingkat Polres Sukabumi Kota, tepatnya tanggal 19 Juni 2017, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Mohammad Mahfud As’at, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rustam Mansur, S.IK., serta para tamu undangan lainnya.

Ditandaskan pula, dalam mewujudkan stabilitas harga pangan, Polri telah membentuk Satgas Pangan, untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil. Upaya tersebut, diwujudkan melalui kerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait, khususnya dalam melakukan penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku penimbunan, pengoplosan dan pemalsuan, serta tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan.

Sedangkan untuk menjaga kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif, Kapolri mengingatkan kepada seluruh Kasatwil, untuk mampu menekan angka kejahatan konnvensional, seperti Curat (Pencurian dengan Pemberatan), Curas (Pencurian dengan Kekerasan), Curanmor (Pencurian Kendaraan Bermotor), Copet, Bius, Hipnotis dan Pencurian Rumah Kosong, melalui peningkatan kegiatan preemtif, preventif dan represif.

Disamping itu, Kapolri juga menekankan kepada seluruh jajaran kepolisian, untuk terus meningkatkan kegiatan sambang dan patroli di titik-titik rawan gangguan Kamtibmas, seperti Terminal, Pelabuhan, Pemukiman yang ditinggal oleh pemiliknya, Pusat Perbelanjaan, Bank dan ATM, serta tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi warga masyarakat pada saat Perayaan Idul Fitri.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi menyematkan Pita Operasi kepada 4 orang perwakilan petugas, yang terdiri dari unsur SUBDENPOM Sukabumi, Satlantas Polres Sukabumi Kota, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Satpol PP Kota Sukabumi. Selain itu, Walikota Sukabumi didampingi Ketua DPRD Kota Sukabumi, Dandim 0607 Kota Sukabumi dan Kapolres Sukabumi Kota, melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana Operasi Ramadniya Tahun 2017, yang akan digunakan oleh Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.