PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI DPRD KOTA SUKABUMI TENTANG PELAKSANAAN APBD KOTA SUKABUMI TAHUN ANGGARAN 2016

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Sukabumi terhadap LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tentang Pelaksanaan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016, sudah disampaikan dalam Rapat Paripurna, yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., tepatnya tanggal 7 Juli 2017, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

Adapun Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD tersebut, disampaikan oleh 8 Fraksi. Antara lain, Fraksi P3 (Partai Persatuan Pembangunan), Fraksi Partai Golkar (Golongan Karya), Fraksi PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Fraksi Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), Fraksi Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat) Nasional, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera), dan Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP. menjelaskan, LKPJ Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tentang Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016 ini, sudah disampaikan oleh Walikota Sukabumi, melalui Rapat Paripurna, tepatnya tanggal 6 Juli 2017, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi. Selain itu juga dijelaskan, LKPJ Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2016 ini, merupakan salah satu bentuk pelaksanaan administrasi pemerintahan yang bersifat strategis.

Dijelaskan pula, sesuai dengan Tata Tertib DPRD, dilaksanakannya Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD ini, merupakan salah satu aplikasi dari pelaksanaan fungsi dan hak-hak DPRD, dalam mengupayakan klarifikasi penyelengaraan pemerintahan daerah, antara Kepala Daerah dan DPRD. Adapun maksud dan tujuannya, supaya Kota Sukabumi bisa lebih baik lagi dalam berbagai bidang.

Disamping itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi, atas nama seluruh unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, atas kehadirannya dalam mengikuti Rapat Paripurna ini sampai tuntas, sekaligus menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam pelaksanaan Rapat Paripurna ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah dan Staf Ahl Walikota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Sesepuh, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Wanita, Pemuda dan Mahasiswa, serta para tamu undangan lainnya.