PENANDATANGANAN KONTRAK KERJA ANTARA KSM SE KOTA SUKABUMI DENGAN PEMERINTAH KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Penandatanganan Kontrak Kerja antara KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) se Kota Sukabumi dengan Pemerintah Kota Sukabumi, tentang Pembangunan Penyediaan Prasarana Air Bersih dan Pembangunan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat, dilaksanakan tanggal 10 Juli 2017, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., Kepala DPU-PRP-KPP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kota Sukabumi, Dr. Ir. H. Asep Irawan, M.Sc., para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. mengharapkan, dengan dibangunnya prasarana air bersih dan sanitasi lingkungan ini, dapat meningkatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) warga masyarakat, khususnya di Kota Sukabumi. Diharapkan pula, apabila prasarana air bersih dan sanitasi lingkungan ini sudah selesai dibangun, pengelolaannya akan langsung diserahkan kepada warga masyarakat. Selain itu, Wakil Walikota Sukabumi juga menjelaskan, dilaksanakannya pembangunan prasarana air bersih dan sanitasi lingkungan ini, sebab Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal memperhatikan dan pro terhadap warga masyarakat, khususnya yang berdomisili di daerah-daerah yang kekurangan air bersih.

Semantara Kepala DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi, Dr. Ir. H. Asep Irawan, M.Sc. menjelaskan, jumlah KSM yang menerima bantuan pembangunan penyediaan prasarana air bersih dan pembangunan sanitasi lingkungan berbasis masyarakat ini, seluruhnya mencapai 29 KSM se Kota Sukabumi. Adapun rencana pembangunan penyediaan prasaranan air bersih ini, yakni berupa 6 unit Sumur Artesis, 6 buah Hidran Umum dengan kapasitas 10 meter kubik, 4.000 meter jaringan Pipa Induk Air Bersih, 750 titik SR (Sambungan Rumah) Water Meter, dan 6 Hidran Instalasi Kebakaran. Sedangkan pembangunan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat, yakni 20 unit MCK Plus-Plus kombinasi dengan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal, yang terdiri dari 47 Kamar Mandi dan WC, 20 unit Ruang Serbaguna, 20 unit Ruang Cuci, 6 Taman Hijau, dan 20 unit Septic Tank Komunal, dengan total anggaran sebesar Rp. 8.573.000,000,00, dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Tahun 2017.