PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MENAGIH CSR PT SEMEN JAWA SCG SUKABUMI DAN PT GSI SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi, menagih CSR (Corporate Social Responsibility) PT Semen Jawa SCG (Siam Cement Group) Sukabumi dan PT GSI (Glo Star Indonesia) Sukabumi, serta Perusahaan Pertambangan Pasir di daerah Cimangkok Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Karena hingga saat ini, kedua PT tersebut termasuk Perusahaan Pertambangan Pasir di daerah Cimangkok Kabupaten Sukabumi, belum memberikan CSR kepada Pemerintah Kota Sukabumi.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., usai meminpin Rapat Sosialisasi Pelaksanaan CSR Jawa Barat sekaligus membentuk Tim Fasilitasi CSR Kota Sukabumi, tepatnta tanggal 12 Juli 2017, di Ruangan Pertemuan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, kedua PT tersebut termasuk Perusahaan Pertambangan Pasir di daerah Cimangkok Kabupaten Sukabumi, sangat berdampak pada kerusakan jalan dan lingkungan di wilayah Kota Sukabumi, seperti pencemaran udara yang diakibatkan oleh debu semen dan kemacetan arus lalu lintas.

Dijelaskan pula, untuk menangani dan memperbaiki kerusakan jalan di wilayah Kota Sukabumi yang diakibatkan oleh kendaraan kedua PT tersebut termasuk Perusahaan Pertambangan Pasir di daerah Cimangkok Kabupaten Sukabumi ini, seluruh Tim CSR di Jawa Barat harus ikut dan turun tangan untuk menangani persoalan tersebut. Sebab Pemerintah Kota Sukabumi, senantiasa direpotkan untuk menangani serta memperbaiki kerusakan jalan dan kemacetan arus lalu lintas, yang diakibatkan oleh kendaraan kedua PT tersebut termasuk Perusahaan Pertambangan Pasir di daerah Cimangkok Kabupaten Sukabumi, yang senantiasa lalu lalang ke wilayah Kota Sukabumi.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengatakan, permasalahan tersebut bukan hanya menjadi PR (Pekerjaan Rumah) Tim CSR Kota Sukabumi saja, tapi menjadi PR bagi Tim CSR Provinsi Jawa Barat dan seluruh Tim CSR di Jawa Barat. Karena manfaat CSR tersebut, harus dapat dirasakan oleh pemerintah dan warga masyarakat, melalui berbagai program dan perbaikan jalan.

Dikatakan pula, dalam setiap tahunnya, jumlah dana CSR yang diterima oleh Pemerintah Kota Sukabumi sangat kecil, sebab di wilayah Kota Sukabumi tidak ada perusahaan besar. Padahal dana CSR tersebut, dapat mendorong sekaligus meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan warga masyarakat. Untuk itu, pembagian dana CSR tersebut perlu ditata dan dibenahi kembali, oleh Tim CSR Provinsi Jawa Barat dan seluruh Tim CSR di Jawa Barat.