RENCANA PEMINDAHAN PUSAT PEMERINTAHAN KOTA SUKABUMI MEMBUTUHKAN ANGGARAN SEBESAR RP. 333.815.466.000,00

Reporter : ENDANG SUMARDI

Rencana pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi dari wilayah Kecamatan Cikole ke wilayah Kecamatan Cibeureum, membutuhkan anggaran sebesar Rp. 333.815.466.000,00. Seperti dijelaskan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., anggaran tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan Kantor Setda (Sekretariat Daerah) Kota Sukabumi, di atas lahan seluas 5.437,44 meter persegi sebesar Rp. 47.197.026.000,00, pembangunan prototype sebanyak 10 Kantor Dinas di atas lahan seluas 3.163 meter persegi sebesar Rp. 227.618.440.000,00, pembangunan masjid sebesar Rp. 15 milyar, kebutuhan prasarana kantor sebesar Rp. 4 milyar, serta kebutuhan infrastruktur jalan, jembatan, taman dan lapang sebesar Rp. 40 milyar.

Disamping itu juga dijelaskan, berbagai hal dan persyaratan untuk menunjang proses percepatan pembangunan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi ke wilayah kecamatan tersebut sudah lengkap, termasuk DED (Detail Engineering Design) seluruh bangunannya sudah selesai. Selanjutnya dijelaskan, rencana pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi ini, sudah berlangsung sejak 3 tahun yang lalu. Adapun maksud dan tujuan dipindahkannya Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi ini, supaya lebih strategis lagi, khususnya untuk mempermudah dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Karena hingga saat ini, lokasi Kantor SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Sukabumi masih berceceran dan berjauhan, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan banyak waktu yang terbuang di jalan. Dijelaskan pula, apabila pada tahun mendatang anggarannya sudah ada, pembangunan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi ini bisa dilaksanakan dengan cepat, karena lahannya sudah ada.

Lebih jauh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menjelaskan, pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi ke wilayah Kecamatan Cibeureum ini, akan menjadi pusat pelayanan masyarakat terpadu, karena seluruh SKPD ada dalam satu kawasan, serta dapat mempermudah dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengungkapkan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan proses pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi ini, Pemerintah Kota Sukabumi sudah mengajukan anggaran kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain itu, Pemerintahan Kota Sukabumi juga sudah merencanakan ruislag dan penjualan aset gedung Pemerintah Kota Sukabumi. Sebab APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Sukabumi, tidak akan dapat memenuhi kebutuhan anggaran untuk biaya pembangunan pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi. Dengan demikian, pembangunan pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi ini, harus mendapat dukungan dan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.