BAPPEDA KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN BIMTEK BASIS DATA TERPADU 2015 KILO METER 0 PRO POOR

Reporter : ENDANG SUMARDI

Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, menyelenggarakan Bimtek (Bimbimgan Teknis) Basis Data Terpadu 2015 Kilo Meter 0 Pro Poor, tepatnya tanggal 13 Juli 2017, di Hotel Taman Sari Kota Sukabumi. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. ini, merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dan dibiayai dari program Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni P3BM (Pro Poor Planning, Budgeting dan Monitoring), serta Perencanaan Responsif Gender Tahun Anggaran 2017.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, Kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu, dilaksanakan dalam rangka menyempurnakan dan memutakhirkan informasi rumah tangga dan individu, yang terdapat dalam Basis Data Terpadu. Selain itu juga dijelaskan, Basis Data Terpadu ini, merupakan sistem data elektronik, yang memuat informasi sosial serta ekonomi rumah tangga dan individu, dengan tingkat kesejahteraan terendah, yang digunakan dalam menetapkan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Dijelaskan pula, kemiskinan merupakan permasalahan bangsa yang mendesak, serta memerlukan langkah penanganan dan pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh. Upaya tersebut harus ditujukan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, serta meningkatkan usaha masyarakat miskin, untuk menempuh dan mengembangkan kehidupan yang lebih bermartabat.

Lebih jauh Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, persentase penduduk miskin di Kota Sukabumi, dalam 2 tahun terakhir mengalami penurunan, yakni dari 8,79 persen pada tahun 2015, menjadi 8,59 persen pada tahun 2016, kendati penurunannya relatif kecil, yakni hanya 0,20 persen. Namun hal tersebut menunjukkan, bahwa program penanggulangan kemiskinan yang dilaksankan oleh Pemerintah Kota Sukabumi ini cukup efektif, khususnya dalam menurunkan angka kemiskinan.

Selain itu, Wakil Walikota Sukabumi atas nama Kepala Daerah dan Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Bappeda Provinsi Jawa Barat, yang telah memberi bantuan keuangan kepada Pemerintah Kota Sukabumi, untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Sukabumi.

Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya Bimtek ini, dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan tugas, peran dan fungsi para peserta, khususnya dalam melakukan verifikasi data masyarakat miskin di Kota Sukabumi, untuk dijadikan bahan dan acuan oleh seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, terutama dalam menentukan strategi, kebijakan, program, kegiatan dan anggaran, yang lebih berpihak kepada masyarakat miskin.