PARA KEPALA SKPD AGAR SEGERA MELAKUKAN EVALUASI TERHADAP SELURUH PROGRAM DAN KEGIATAN YANG SUDAH DIRENCANAKAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., meminta kepada para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar segera melakukan evaluasi terhadap seluruh program dan kegiatan yang sudah direncanakan, terutama dalam hal penyerapan pengadaan barang dan jasa. Karena saat ini, sudah memasuki Tahun Anggaran Triwulan yang ketiga.

Selain itu juga harus bisa memastikan, bahwa seluruh program dan kegiatan dapat berjalan dengan baik. Apabila ada kendala yang memungkinkan terhambatnya pelaksanaan program dan kegiatan terutama dalam hal pengadaan barang dan jasa, para Kepala SKPD harus dapat memetakan permasalahannya, serta mencari berbagai alternatif dalam menyelesaikan masalahnya, sekaligus mengambil solusi dari berbagai alternatif yang dianggap paling balk.

Permintaan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan, pada Upacara Pengibaran Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih, hari Senin, 17 Juli 2017, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Koordinasi  Pimpinan  Daerah)  Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Ketua TP PKK dan Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah dan Staf Ahli Walikota Sukabumi, para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, para Tokoh Masyarakat, para Ketua Organisasi Wanita dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Ditandaskannya, sebagai aparatur yang telah dibekali berbagai dasar kepemimpinan dan kemampuan teknis terutama untuk level Kepala SKPD, apabila membiarkan permasalahan yang terjadi tanpa mengambil tindakan yang semestinya dilakukan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada, merupakan salah satu kesalahan yang sangat fatal. Ditandaskan pula, selain terikat dengan kewajiban untuk menyelesaikan berbagai program dan kegiatan dalam satu periode tahun anggaran, ASN (Aparatur Sipil Negara) mempunyai posisi yang sangat strategis, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat, sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Walikota Sukabumi mengatakan, di level Pemerintah Kabupaten dan Kota, undang-undang memberikan kewenangan kepada ASN, untuk melaksanakan pelayanan dalam  berbagai  bidang. Disamping itu juga dikatakan, dalam bidang kesehatan, Pemerintah Kota Sukabumi telah berupaya optimal memberikan berbagai pelayanan kesehatan, baik melalui Posyandu dan Puskesmas maupun melalui Rumah Sakit. Demikian pula dalam pelayanan di bidang pendidikan, undang-undang memberikan kewenangan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota, khususnya dalam melakukan pengelolaan dan penyelenggraan SD dan SMP. Sedangkan untuk SMA dan SMK, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, mulai tahun 2017 ini menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi.