DLH KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN AKSI GERAKAN GOTONG ROYONG SERENTAK

Reporter : ENDANG SUMARDI

DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, menyelenggarakan Aksi Gerakan Gotong Royong Serentak, tepatnya tanggal 14 Juli 2017, di DAS (Daerah Aliran Sungai) Cisaray, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi dan sekitarnya, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se Dunia Tahun 2017, serta ditinjau secara resmi oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan warga masyarakat, aparat wilayah kecamatan dan kelurahan, serta aparat DLH Kota Sukabumi dan berbagai Komunitas Penggiat Lingkungan di Kota Sukabumi, yang telah ikut dalam pelaksanaan Aksi Gerakan Gotong Royong ini.

Diharapkannya, kegiatan Aksi Gerakan Gotong Royong ini, agar senantiasa dilestarikan dan ditingkatkan oleh semua pihak, sebagai modal bagi segenap lapisan warga masyarakat, dalam menjaga sekaligus meningkatkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kegotongroyongan, khususnya dalam menjaga dan memelihara lingkungan. Sebab maksud dan tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini, bukan hanya membersihkan DAS saja, akan tetapi dalam berbagai kehidupan warga masyarakat, termasuk dalam mengatasi dan menanggulangi kemiskinan.

Diharapkan pula, dengan dilaksanakannya Aksi Gerakan Gotong Royong ini, dapat menggugah dan meningkatkan semangat segenap lapisan warga masyarakat, untuk senantiasa berupaya optimal menjaga dan memelihara lingkungan yang bersih dan sehat, serta tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke selokan dan sungai, tapi pada tempatnya yang sudah disediakan. Dikatakannya, apabila setiap DAS di Kota Sukabumi bersih dari berbagai jenis sampah dan limbah, airnya bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat di sekitarnya, untuk keperluan mandi dan mencuci.

Sementara Sekretaris DLH Kota Sukabumi, Hadi Sasono, A.P. menjelaskan, jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam Aksi Gerakan Gotong Royong ini, yakni membersihkan DAS, Halaman Rumah dan Lingkungan. Sedangkan yang mengikuti kegiatan ini, terdiri aparat wilayah kecamatan dan kelurahan, aparat DLH Kota Sukabumi, Babinsa, Babinkamtibmas, Pramuka, aparat Puskesmas, jajaran Pengurus RW dan RT, BKM, KWT, Gapoktan, Komunitas Penggiat Lingkungan, Pemuda Peduli Lingkungan dan warga masyarakat.

Selain itu juga dijelaskan, dilaksanakannya Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia Tahun 2017 ini, untuk mengajak seluruh pemangku kepentingan, agar dapat berperan aktif dalam melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, termasuk dalam menjaga kelestarian bumi dan merubah pola pikir warga masyarakat, untuk menjadi warga masyarakat yang senantiasa peduli dan berbudaya lingkungan.