KEMENTRIAN PUPR RI MENYELENGGARAKAN KAMPANYE PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN SANITASI DI KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI, bekerja sama dengan PSPLPP (Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman) Propinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Sukabumi, menyelenggarakan Kampanye Peduli Kebersihan Lingkungan dan Sanitasi di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 23 Juli 2017, di Area Car Free Day, Jalan R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasubid Stardarisasi dan Kelembagaan Direktorat PPLP (Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman) Kementrian PUPR RI, Marshula Pasaribu, S.T., M.E., Kepala PSPLPP Propinsi Jawa Barat, Indra Gunawan, S.E., M.T., para peserta dan para tamu undangan lainnya, sekaligus meninjau sejumlah stand pameran hasil karya daur ulang sampah, serta menandatangani Komitmen Peduli Kebersihan Lingkungan dan Sanitasi di Kota Sukabumi.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementrian PUPR RI dan PSPLPP Propinsi Jawa Barat, yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Sukabumi melaksanakan Kampanye Peduli Kebersihan Lingkungan dan Sanitasi di Kota Sukabumi. Selain itu, Wakil Walikotya Sukabumi juga mengharapkan, dengan dilaksanakannya Kampanye Peduli Kebersihan Lingkungan dan Sanitasi ini, dapat meningkatkan kepedulian warga masyarakat Kota Sukabumi, terhadap kebersihan lingkungan dan sanitasi, khususnya di wilayahnya masing-masing umumnya di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk menciptakan lingkungan Kota Sukabumi yang bersih dan sehat.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Sukabumi melalui OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait lainnya, senantiasa berupaya optimal melaksanakan penghijauan dan kebersihan serta sanitasi secara gencar, sekaligus membangun dan memperlebar hutan dan taman kota di wilayah Kota Sukabumi. Dikatakan pula, upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan penanaman pohon penghijauan serta sanitasi, di Kota Sukabumi sudah terjalin kerja sama dengan baik, antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan OPD serta instansi dan lembaga terkait laiinya, termasuk dengan segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi. Hasilnya cukup memuaskan dan membanggakan semua pihak. Buktinya Kota Sukabumi senantiasa berhasil meraih Penghargaan Adipura serta Sekolah Adiwiyata Nasional dan Proklim (Program Kampung Iklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI dan Kota Layak Anak dari KPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) RI.