RAPERDA KOTA SUKABUMI TENTANG HAK KEUANGAN DAN ADMINISTRATIF PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD SUDAH DITETAPKAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Rantus (Rancangan Keputusan) DPRD Kota Sukabumi Tentang Persetujuan Terhadap Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, sudah ditetapkan menjadi Keputusan DPRD yang definitif, tepatnya pada Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., tanggal 28 Juli 2017, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

Adapun Pokok-Pokok Kegiatan Rapat Paripurna tersebut, yakni Pembacaan Laporan Hasil Kerja Pansus (Panitia Khusus) Pembahasan Raperda tersebut oleh Wakil Ketua Pansus, Dadang Suparman, Pembacaan Rantus DPRD Kota Sukabumi oleh Sekretaris DPRD Kota Sukabumi, Asep L. Sukmana, S.H., M.Si., Penetapan Rantus dan Penandatanganan Keputusan DPRD oleh Pimpinan DPRD, serta Pendapat Akhir Walikota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP. menjelaskan, memperhatikan ketentuan pasal 29 PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, bahwa pada saat ini PP tersebut sudah berlaku. Baik Perda (Peraturan Daerah) maupun Perkada (Peraturan Kepala Daerah) yang berkaitan dengan atau yang mengatur Tentang Pelaksanaan Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, wajib mendasarkan dan menyesuaikan pengaturannya pada PP tersebut, yakni paling lambat 3 bulan, terhitung mulai dari PP tersebut diundangkan.

Dikatakannya, dengan telah ditandatanganinya Keputusan DRPD Kota Sukabumi ini, maka pada kesempatan ini pula, Pansus Pembahasan Raperda tersebut secara resmi dibubarkan, serta mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pansus Pembahasan Raperda tersebut, atas kinerja yang telah dicapai, dan diharapkan dapat membawa kemanfaatan terhadap upaya pencapaian Visi Pemerintah Kota Sukabumi, yakni Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.

Ketua DPRD Kota Sukabumi mengharapkan, Pemerintah Kota Sukabumi agar segera menindaklanjuti Perda ini, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta Peraturan Walikota Sukabumi. Selain itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi atas nama seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, sangat mendukung terhadap adanya perubahan kenaikan kesejahteraan pendapatan, untuk ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah dan Staf Ahl Walikota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Alim Ulama, para Sesepuh dan Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa dan para tamu undangan lainnya.