RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD MENDENGARKAN PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN RI

Reporter : ENDANG SUMARDI

DPRD Kota Sukabumi, hari Rabu, 16 Agustus 2016, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi, menyelenggarakan Rapat Paripurna Istimewa DPRD, dengan acara mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 72 Kemerdekaan RI, di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI melalui Siaran Televisi. Rapat Paripurna Istimewa DPRD tersebut, dipimpin Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP. Adapun Susunan Acara Rapat Paripurna tersebut, antara lain Kata-Kata Pembukaan oleh Pimpinan Rapat, serta Pokok-Pokok Kegiatan, yakni mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, dalam rangka memperingati HUT Ke-72 Kemerdekaan RI melalui Siaran Televisi, Pembacaan Doa dan Kata-Kata Penutup oleh Pimpinan Rapat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP. mengatakan, sebagaimana diketahui bersama, bahwa dalam setiap tahun menjelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI, serta telah menjadi kebiasaan politik, Presiden RI berkenan menyampaikan Pidato Kenegaraan, di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI. Dikatakan pula, seluruh Aparatur Pemerintah Daerah dan DPRD, sangat penting mengikuti dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI tersebut, khususnya dalam mendengarkan berbagai informasi aktual, serta langkah dan kebijakan yang sudah, yang sedang dan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah, untuk dijadikan pedoman oleh semua pihak, terutama dalam upaya menyukseskan kebijakan ekonomi daerah, keuangan daerah, prioritas dan sasaran pembangunan daerah, serta program dan kegiatan prioritas daerah lainnya.

Selain itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi atas nama seluruh unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, atas berbagai atensi dan kehadirannya, dalam mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD ini, seraya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam penyelenggaraan Rapat Paripurna Istimewa ini banyak hal yang kurang berkenan. Disamping itu, juga mengucapkan selamat memperingati HUT Ke 72 Kemerdekaan RI, seraya mengharapkan, agar bangsa dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dapat lebih maju serta lebih aman dan lebih sejahtera lagi, sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Ketua DPRD Kota Sukabumi mengajak kepada semua pihak, untuk kembali merenungkan dan meneladani nilai-nilai kebangsaan dan semangat perjuangan yang diwariskan oleh para pendiri bangsa dan pejuang kemerdekaan, untuk dijadikan sumber inspirasi dan kekuatan bagi semua pihak, khususnya dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan.Diungkapkannya, dalam kurun waktu 72 tahun kemerdekaan, sejumlah tantangan dan ujian telah dilalui, serta banyak yang telah dicapai, namun tidak sedikit pekerjaan yang harus diselesaikan. Oleh karenanya, Ketua DPRD Kota Sukabumi mengajak kepada semua pihak, untuk senantiasa bersatu padu menyukseskan berbagai agenda pembangunan, khususnya di Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi, Wakil Walikota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para mantan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, para Sesepuh, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Wanita, Pemuda dan Mahasiswa, serta para tamu undangan lainnya.

Usai Rapat Paripurna DPRD, pada malam harinya dilaksanakan Upacara Taptu, di depan Balai Kota Sukabumi, mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai, dilanjutkan Apel Kehormatan dan Renungan Suci, di TMP (Taman Makam Pahlawan) Suryakencana Kota Sukabumi, mulai pukul 23.00 WIB sampai dengan selesai.