KPA KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN SERO SURVEY HIV-AIDS PADA POPULASI KUNCI LSL

Reporter : ENDANG SUMARDI

KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi dan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi serta Petugas Lapangan Komunitas, melaksanakan Sero Survey  HIV-AIDS pada Populasi Kunci Gay atau LSL (Lelaki Seks Lelaki). Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., selaku Ketua KPA Kota Sukabumi menjelaskan, pelaksanaan Sero Survey  HIV-AIDS ini, dengan cara mengambil sampel darah seseorang, untuk mendeteksi mengandung virus HIV-AIDS atau tidak.

Dijelaskan pula, dengan dilaksanakannya Sero Survey HIV-AIDS pada komunitas LSL ini, hasilnya dapat dijadikan landasan untuk mengintervensi Program Penanggulangan HIV-AIDS, terutama pada kelompok komunitas LSL. Selain itu juga dijelaskan, dalam pelaksanaan Sero Survey HIV-AIDS ini, tidak ada pemaksaan. Oleh karenanya, pengambilan darah ini hanya dilakukan pada orang-orang yang bersedia, dan dikuatkan dengan lembar persetujuan yang telah disiapkan.

Wakil Walikota Sukabumi mengatakan, kegiatan Sero Survey HIV-AIDS ini harus senantiasa dilaksanakan secara rutin, sebagai screening atau penyaringan kasus, sekaligus upaya pencegahan penularan virus HIV-AIDS khususnya  di Kota Sukabumi. Dikatakan pula, kegiatan Sero Survey HIV-AIDS ini, untuk sementara difokuskan di kawasan Taman Urang Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, tidak ditemukan lagi orang yang positif HIV. Karena tren 2 tahun terakhir, kasus HIV baru di kelompok Gay atau LSL yang terus meningkat. Bahkan sampai dengan bulan Agustus 2017 ini, sudah tercatat ada 66 kasus HIV baru, serta didominasi oleh LSL.

Sementara Kepala Bidang P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Lulis Deliawati menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Sero Survey HIV-AIDS ini, untuk mengetahui gambaran risiko penyakit HIV-AIDS, yang diakibatkan oleh perilaku manusia dan sebagai perencanaan program selanjutnya.

Dijelaskan pula, sebelum dilaksanakan Sero Survey HIV-AIDS, terlebih dahulu dilaksanakan VCT (Voluntary Counseling and Testing) atau Layanan Konseling dan Test Sukarela serta pemeriksaan fisik kepada para peserta, yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Gabungan dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Puskesmas dan Rumah Sakit. Adapun sasaran Sero Survey HIV-AIDS ini, difokuskan pada Populasi Kunci Gay atau LSL, yang suka nongkrong di sekitar Lapangan Merdeka dan Alun-Alun serta LSL rumahan. Sedangkan target dari kegiatan Sero Survey ini, yakni sebanyak 250 orang LSL di Kota Sukabumi.