SOSIALISASI SISTEM PENANGGULANGAN GAWAT DARURAT TERPADU

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, melaksanakan Sosialisasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, tepatnya tanggal 29 Agustus 2017, di Hotel Horison Kota Sukabumi, dengan Nara Sumber Prof. Dr. dr. Aryono D. Puponegoro, Sp.B., KBD. dan Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118 Trauma, serta dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, para Kepala Puskesmas dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menyatakan sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, yang telah melaksanakan Sosialisasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu ini. Karena dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, dapat meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan gawat darurat yang efektif, efisien, dan terstruktur, sehingga dapat mencegah kematian dan kecacatan.

Dijelaskannya, masalah kesehatan adalah masalah yang sangat prinsip, penting dan mendasar. Bahkan dalam nomenklatur pengelompokan jenis program dan kegiatan pemerintahan pun, masalah kesehatan ini menjadi masalah prioritas. Hal tersebut selaras dengan Undang-Undang Dasar 1945, yang mengamanatkan, bahwa salah satu hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi, yakni hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dijelaskan pula, keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat, memiliki fungsi yang strategis, dalam mempengaruhi status kesehatan diantara anggota keluarganya. Ibu dan anak, merupakan dua anggota keluarga yang perlu mendapatkan prioritas, dalam penyelenggaraan berbagai upaya peningkatan kualitas kesehatan. Untuk itu, perhatian terhadap kesehatan ibu dan anak menjadi sangat penting, karena menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan.

Selain itu Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga menjelaskan, Program CETEK (Cukup E-KTP dan Kartu Keluarga) Pelayanan Kesehatan Gratis untuk warga masyarakat Kota Sukabumi di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) AL-Mulk Kota Sukabumi, berhasil mendapat Penghargaan 40 Karya Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2017, untuk Propinsi, Kabupaten dan Kota serta Kementerian dan Lembaga se Indonesia.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), instansi dan lembaga terkait, seraya mengharapkan, agar semua pihak senantiasa berupaya optimal mendukung dan membantu terhadap pelaksanaan program tersebut, supaya bisa l;ebih baik dan meningkat lagi.