PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SUDAH MENGESYAHKAN SEBANYAK 10 PERDA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sampai dengan bulan Agustus 2017, Pemerintah Kota Sukabumi sudah mengesyahkan sebanyak 10 Perda (Peraturan Daerah). Adapun ke 10 Perda tersebut, diantaranya Perubahan Perda Nomor 1 Tahun 2011 tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan, Perubahan Perda Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pajak Penerangan Jalan, Perda tentang Retribusi Perpanjangan Izin Tenaga Kerja Asing, dan Perda tentang Retribusi Penjualan Produksi Usaha Daerah.

Selanjutnya Perda tentang Urusan Pemerintah Kota Sukabumi, Perda tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Perda tentang Penataan Tempat Indekos atau Kontrakan, Perda tentang Penyelenggaraan Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, serta Perda tentang Hak Keuangan dan Administratif Anggota dan Pimpinan DPRD.

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, setiap Perda yang sudah dibuat dan disyahkan, harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait, serta harus dipatuhi dan ditaati oleh segenap lapisan warga masyarakat. Karena maksud dan tujuan dibuatnya Perda ini, yakni sebagai payung hukum, untuk mendorong berbagai aspek kebijakan dan pelaksananaan pelayanan kepada warga masyarakat.

Selain itu, Walikota Sukabumi juga meminta sekaligus menginstruksikan kepada Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal menegakan seluruh Perda yang sudah disyahkan dan masih berlaku di Kota Sukabumi. Karena Satpol PP Kota Sukabumi ini, sebagai Penegak Perda di wilayah Kota Sukabumi.

Sementara Kepala Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Een Rukmini, S.H., M.H. menjelaskan, ke 10 Perda yang sudah disyahkan tersebut nomornya berurutan, yakni mulai nomor 1 sampai dengan nomor 10. Dijelaskan pula, sebelum ke 10 Perda tersebut disyahkan, terlebih dahulu dilakukan uji publik, serta dilakukan pembahasan dan penetapkan oleh DPRD Kota Sukabumi, yang selanjutnya dilakukan penomoran dan pengesyahan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Lebih jauh Kepala Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi menjelaskan, selain sudah mengesyahkan sebanyak 10 Perda, ada 3 Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) yang saat ini masih dalam tahap evaluasi dan pembahasan oleh DPRD Kota Sukabumi. Antara lain Raperda tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), Perubahan Perda tentang Pajak Hiburan dan Perubahan Perda tentang Pajak Reklamasi.