MAK CACIH SUDAH PINDAH KE RUSUNAWA YANG SUDAH DISEDIAKAN OLEH PEMERINTAH KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Mak Cacih warga Kampung Situawi RT 02 RW 02 Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi yang rumahnya akan roboh, beserta keluarganya sudah pindah ke Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya di wilayah Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, bahkan sempat dijenguk oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, sekaligus memberi santunan kepada Mak Cacih, tepatnya tanggal 6 Sepeémber 2017, didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menandaskan, bahwa kedatangannya menjeguk Mak Cacih ini, tidak ada kaitannya sama sekali dengan ranah politik atau dengan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 mendatang. Selain itu juga ditandaskan, dengan sudah pindahna Mak Cacih ke Rusunawa ini, sedikitnya bisa melegakan kepada keluarga Mak Cacih, dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebab untuk membangun rumah Mak Cacih ini tidak bisa dilaksanakan apabila masih dihuni atau ditempati, serta tidak mungkin seperti Sangkuriang, yang bisa membangun rumah dalam jangka waktu satu malam. Yang penting masalahnya selesai dulu, yakni penghuni rumahnya harus pindah dulu.

Selain Wakil Gubernur Jawa Barat, seperti dijelaskan Kapendam (Kepala Penerangan Kodam) III Siliwangi, Letkol Arh. Mokhamad Desi Ariyanto dalam telepon, Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Muhammad Herindra, sangat memerhatikan terhadap kondisi fisik rumah Mak Cacih yang akan roboh di Kota Sukabumi, sekaligus memerintahkan kepada Anggota Kodam III Siliwangi, untuk segera membongkar dan membangun kembali rumah tersebut, untuk menjamin keselamatan keluarga Mak Cacih. Sebab sebagai prajurit harus senantiasa siap membantu sekaligus memecahkan kesulitan rakyat, serta susdah menjadi salah satu kewajiban bagi seluruh Prajurit TNI, dimana pun ditugaskan dan dimana pun berada. Lebih jauh Kapendam III Siliwangi menjelaskan, dalam membangun rumah tersebut tidak akan membutuhkan waktu yang lama, serta biayanya akan ditanggung oleh Kodam III Siliwangi, termasuk kelanjutan dalam membayar sewa tanahnya selama 5 tahun.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi bukan tidak memerhatikan dan mengusahakan terhadap kehidupan Mak Cacih, tapi sebelumnya tidak menemukan solusi yang pas dan baik, untuk keluarga Mak Cacih. Sebab sejak 2 tahun yang lalu, Pemerintah Kota Sukabumi sudah berusaha untuk menangani dan menanggulanginya, yakni dengan memberi jaminan kesehatan kepada Mak Cacih dan sebagainya.

Sedangkan Mak Cacih menyatakan merasa gembira dan lega, dengan telah pindahnya ke Rusunawa serta dijeguk oleh Wakil Gubernur Jawa Barat dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, sekaligus memberikan santunan. Untuk itu, Mak Cacih mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Wakil Gubernur Jawa Barat dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, yang telah memerhatikan dan mempedulikan kepadanya. Namun demikian, Mak Cacih tetap ingin kembali lagi ke rumahnya dan kampung halamannya, supaya bisa berkumpul kembali dengan seluruh keluarganya dan tetangganya. Berkaitan dengan hal tersebut, Mak Cacih mengharapkan, agar rumah miliknya tersebut dapat segera dibangun kembali.