WPA KABANDUNGAN MELAKSANAKAN KAMPANYE HIV-AIDS KEPADA MASYARAKAT

Reporter : ENDANG SUMARDI

WPA (Warga Peduli AIDS) Kabandungan, melaksanakan kampanye HIV-AIDS kepada masyarakat Kabandungan dan sekitarnya, untuk memberikan edukasi sekaligus menanggulangi penularan dan penyebaran virus penyakit HIV-AIDS. Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., selaku Ketua KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada WPA Kabandungan, yang telah melaksanakan kampanye HIV-AIDS kepada masyarakat Kabandungan dan sekitarnya.

Dijelaskannya, WPA dibentuk berdasarkan Instruksi Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Nomor : 444.24/2258/SJ, yang ditetapkan pada tahun 2013. Adapun tugas dan peran WPA ini, diantaranya membantu dan melaksanakan sosialisasi di tingkat RW dan RT, tentang bahaya virus penyakit HIV-AIDS, termasuk cara mengantisipasi dan mencegah penularan virus penyakit tersebut. Karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dan memahami virus penyakit tersebut, serta masih banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS). Akibatnya banyak masyarakat yang menjauhi dan mengucilkan ODHA, serta banyak ODHA yang lebih memilih menutup diri, sebab masih ada stigma negatif dan diskriminasi terhadap ODHA.

Selain itu juga dijelaskan, bagi masyarakat yang ingin melakukan VCT (Voluntary Counselling and Testing) untuk mengetahui tertular atau tidaknya oleh virus penyakit HIV-AIDS, bisa dilakukan di Puskesmas. Sedangkan ARV (Antiretroviral) atau obat bagi penderita HIV-AIDS, bisa diperoleh di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, RSUD AL Mulk Kota Sukabumi dan RSI (Rumah Sakit Islam) Assyifa Sukabumi secara gratis. Sebab setiap penderita HIV-AIDS, harus mengonsumsi obat tersebut secara teratur seumur hidup. Adapun jumlah penderita HIV-AIDS di Kota Sukabumi, tepatnya sejak tahun 2000 hingga bulan Agustus 2017, berdasarkan data yang ada di KPA Kota Sukabumi, sudah mencapai 1.167 kasus.

Sementara salah seorang Pengurus WPA sekaligus Tokoh Masyarakat dan Ketua RW Kabandungan, Endang Suryana menjelaskan, WPA Kabandungan akan senantiasa berupaya optimal merealisasikan berbagai program, diantaranya sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya virus HIV-AIDS, serta pendampingan kesehatan kepada ODHA yang kurang mampu dan memberdayakan kewirausahaan bagi ODHA.

Diharapkannya, dengan berbagai program tersebut, WPA Kabandungan dapat mengurangi risiko penularan HIV-AIDS di wilayah Kabandungan dan sekitarnya, serta dapat menjadi pusat informasi bagi masyarakat luas, khususnya terkait dampak dan cara menanggulangi serta mencegah penularan virus HIV-AIDS. Adapun Pengurus dan Anggota WPA Kabandungan ini, terdiri dari berbagai elemen masyarakat, diantaranya Kader PKK, Karang Taruna, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta Anggota LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan).