JUMLAH RUTILAHU DI KOTA SUKABUMI MENCAPAI 4.600 UNIT

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala DPU-PRP-KPP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kota Sukabumi, Dr. Ir. H. Asep Irawan, M.Sc. mengungkapkan, jumlah Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) di Kota Sukabumi yang berhak mendapat program perbaikan dari pemerintah, seluruhnya mencapai 4.600 unit atau keluarga, tersebar di 7 kecamatan dan 33 kelurahan se Kota Sukabumi, serta yang paling banyak ada di wilayah Kecamatan Cikole dan Kecamatan Citamiang.

Namun dari jumlah Rutilahu tersebut, pemerintah tidak dapat memperbaiki secara bersamaan keseluruhan, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. Adapun jumlah Rutilahu di Kota Sukabumi yang akan diperbaiki pada tahun 2017 ini, seluruhnya mencapai 450 unit atau keluarga. Antara lain, dari Pemerintah Kota Sukabumi sebanyak 50 unit, dari Pemerintah Pusat sebanyak 100 unit, dan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 300 unit.

Dijelaskannya, setiap Rutilahu yang akan diperbaiki, akan mendapat bantuan anggaran sebesar Rp. 15 juta, serta akan diberikan melalui BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) masing-masing. Dijelaskan pula, para penerima bantuan perbaikan Rutilahu yang sah, yakni para pemilik Rutilahu yang dibangun di atas tanah milik pribadi. Sedangkan bagi para pemilik Rutilahu yang dibangun di atas tanah milik orang lain, sangat sulit untuk dibantu, karena tidak masuk dalam kriteria.

Disamping itu juga dijelaskan, Pemerintah Pusat sudah membuat skema baru, untuk merekolisasi warga masyarakat yang menerima dampak dari pembangunan. Sebagai salah satu contohnya, apabila ada pembangunan double track atau dua jalur Rel Kereta Jurusan Sukabumi-Bogor, rumah warga masyarakat yang ada di pinggir Rel Kereta tersebut terpaksa harus dibongkar serta harus direlokasi, dan anggarannya ada dari kementerian.

Menyinggung pelaksanaan perbaikan Rutilahu di Kota Sukabumi pada tahun-tahun sebelumnya, menurut Kepala DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi senantiasa berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan harapan semua pihak. Untuk itu, Kepala DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi menghimbau kepada pihak BKM serta RW dan RT, agar senantiasa berupaya optimal membantu dan mengawasi pelaksanaan perbaikan Rutilahu di wilayahnya masing-masing, supaya dapat berjalan dengan baik dan lancar, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.