DIREKTORAT PEMBERDAYAAN INFORMATIKA MENYELENGGARAKAN EDUKASI UMKM

Reporter : ENDANG SUMARDI

Direktorat Pemberdayaan Informatika Ditjen (Direktorat Jenderal) Aplikasi Telematika Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) RI, menyelenggarakan acara Kolaborasi Kegiatan Edukasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), bertempat di Yogya Department Store Kota Sukabumi, hari Rabu, 13 September 2017, dengan mengangkat tema UMKM Go Online Road to One Million, serta diisi kegiatan pameran dan bazaar berbagai produk UMKM dari Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. ini, merupakan hasil kerja sama Kemenkominfo RI dengan Dikominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, serta diikuti oleh para pelaku UMKM Kota Sukabumi dan Komunitas Kreatif Kota Sukabumi, yang diisi sosialisasi platform jual beli online dan shopee, dengan fasilitator dari Kemenkominfo RI, khususnya tentang tata cara memasarkan produk dengan kreatif.

Dalam sambutannya Walikota Sukabumi menjelaskan, Kota Sukabumi merupakan salah satu kota dari 6 kota dan kabupaten se  Indonesia, yang telah memiliki Dokumen Perencanaan Smart City. Bahkan pada saat ini sedang dibimbing oleh pihak Kemenkominko RI, khususnya dalam Penyusunan Blue Print Smart City, dengan mengangkat potensi UMKM sendiri, sebagai Target Quick Win atau Target Jangka Pendek, dalam Penyusunan Blue Print tersebut.

Untuk itu, Walikota Sukabumi menghimbau kepada para Pelaku UMKM di Kota Sukabumi yang tercatat di Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, yang jumlahnya sebanyak 18.310 UMKM, agar dapat menjaga kesinambungan produksi dan menjaga kualitas produk, terutama pada saat memulai memasarkan produk secara online.

Walikota Sukabumi juga menjelaskan, selain melaksanakan Kolaborasi Kegiatan Edukasi UMKM yang diselenggarakan Direktorat Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Telematika Kemenkominfo RI, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, juga menyelenggarakan Pelatihan UMKM, yang dapat diikuti setiap saat, dengan dukungan 14 komputer dan jaringan internet, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Sementara Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Telematika Kemenkominfo Ri, Septiana Tangkari, S.E., M.M. menjelaskan, potensi E-Commerce di Indonesia sangat besar. Karena sampai saat ini, pelaku UMKM di Indonesia tercatat 56 juta. Dijelaskan pula, dari jumlah tersebut, ditargetkan sebanyak 8 juta memasarkan produknya secara online, sehingga dapat menaikan Angka PDB (Produk Domestik Bruto) sekitar 130 juta dolar. Selain itu juga dijelaskan, pemanfaatan pemasaran online ini, merupakan salah satu target pemerintah, menuju Indonesia Energi Digital Asia.