AMIK BSI SUKABUMI DAN LSP BSI MENYELENGGARAKAN WORKSHOP CCNA

Reporter : ENDANG SUMARDI

AMIK BSI (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika) Sukabumi dan LSP (Lembaga  Sertifikasi Profesi) BSI, selama 3 hari tepatnya dari  tanggal 11 sampai dengan 13 September 2017, di Kampus AMIK BSI Sukabumi, Jalan Cemerlang Nomor 8 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, menyelenggarakan workshop CCNA (Cisco Certified Network Associate), yang diikuti oleh 15 orang Dosen AMIK BSI Sukabumi.

Adapun maksud dan tujuannya, menurut Kepala Kampus AMIK BSI Sukabumi, Denny Pribadi, M.Kom., untuk menyiapkan sertifikasi kompetensi IT (Informasi dan Teknologi) bidang jaringan komputer, bagi para Dosen AMIK BSI Sukabumi. Dikatakannya, CCNA adalah sertifikasi yang populer dalam teknologi jaringan komputer, yang dikembangkan oleh Cisco Systems, untuk mengenali kompetensi dasar dalam instalasi dan dukungan dari jaringan berskala menengah.

Selain itu juga dikatakan, sebagai Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi, AMIK BSI Sukabumi berkomitmen untuk menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul di bidangnya masing-masing, baik dari sisi para dosennya maupun dari sisi para mahasiswanya. Sebab para Dosen AMIK BSI Sukabumi, diharapkan dapat meningkatkan kualifikasi dan memiliki sertifikasi, agar proses transfer ilmu pengetahuan kepada para mahasiswanya sesuai dengan standar kompetensinya.

Dikatakan pula, pengenalan CCNA ini juga diberikan kepada para Mahasiswa AMIK BSI Sukabumi jurusan Manajemen Informatika, dalam bentuk Mata Kuliah Jaringan Komputer, serta menjadi salah satu penunjang kualifikasi kelulusan yang dicantumkan dalam SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Oleh karenanya, para Dosen AMIK BSI Sukabumi yang mengampu Mata Kuliah Jaringan Komputer, harus sudah mengikuti workshop CCNA.

Sementara Instruktur Workshop CCNA, A. Gunawan, M.Kom. menjelaskan, sertifikasi CCNA menunjukkan pengakuan penguasaan tentang jaringan di perusahaan atau institusi tempat bekerja. Berkaitan dengan hal tersebut, sertifikat CCNA tidak hanya dibutuhkan untuk karir dalam industri jaringan atau networking saja, akan tetapi juga berfungsi untuk mengenalkan skill atau kemampuan yang dimiliki, kepada seluruh pelaku dunia networking.