DISKOMINFO KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI SP4N

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, menyelenggarakan sosialisasi SP4N (Sistem Pengelolaan Pelayanan Pengaduan Publik Nasional) dan Integrasi Pengelolaan Kanal Lapor (Layanan Pengaduan Online Rakyat), di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, hari Kamis, 14 September 2017, bertempat di Operation Room Setda Kota Sukabumi. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh PLH Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. Iing Abdullatief ini, diikuti oleh 68 peserta perwakilan dari setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Adapun yang bertindak sebagai nara sumber, yakni Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, Emida Suparti, S.H., M.AP., menyampaikan materi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, SP4N dan Integrasi Pengelolaan Kanal Lapor, serta yang bertindak sebagai moderator, Kepala Bidang Komunikasi dan Statistik Diskominfo Kota Sukabumi, Tantan Sontani, S.IP., M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, PLH Kepala Diskominfo Kota Sukabumi menjelaskan, program SP4N dan Integrasi Pengelolaan Kanal Lapor di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi ini, untuk memfasilitasi sekaligus menampung dan menangani berbagai pengaduan warga masyarakat Kota Sukabumi, dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kinerja aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan publik di Kota Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, hingga saat ini, di Indonesia baru ada 5 Pemerintah Kota dan Kabupaten, yang sudah menerapkan program tersebut, dan Pemerintah Kota Sukabumi bertekad untuk menjadi kota ke 6 di Indonesia yang menerapkan program ini. Karena program ini sangat baik dan positif serta besar manfaatnya bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, yakni untuk memfasilitasi dan memudahkan warga masyarakat Kota Sukabumi dalam menyampaikan pengaduan, khususnya yang berkaitan dengan upaya dan kinerja aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan publik di Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, bagi warga masyarakat Kota Sukabumi yang akan menyampaikan pengaduan, disediakan website e-Lapor Pemerintah Kota Sukabumi, dengan catatan harus mencantumkan identitas yang jelas, dari mulai nama lengkap hingga alamat dan nomor telepon serta alamat emailnya. Maksud dan tujuannya, untuk menghindari adanya hoax atau berita bohong. Karena pengaduan yang disampaikan oleh warga masyarakat Kota Sukabumi ini, akan di sharkan langsung ke Pemerintah Pusat melalui KemenPAN-RB RI dan ke SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk mendapatkan jawaban dan tanggapan secara jelas.