PEMERINTAH BANGUN INFRASTRUKTUR KONEKTIVITAS SUKABUMI DAN JAWA BAGIAN SELATAN

Reporter : Ratna Nurseha

Untuk mendorong konektivitas transportasi di Sukabumi dan Jawa Bagian Selatan, pemerintah akan segera membangun tiga infrastruktur penting. Pertama, membangun jalan tol, kedua membangun jalur kereta api double track, untuk konektivitas Bogor-Sukabumi-Cianjur hingga Bandung, dan ketiga pembangunan bandara.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi, pada acara Dialog Sinergi Membangun Bangsa, ‘Merangkai Konektivitas Selatan Jawa’, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Selasa, 7 Nopember 2017. Dialog ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari 8 perguruan tinggi di kota Sukabumi, dengan nara sumber Menteri Perhubungan RI, dan Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dr. Ir. Arie Setiadi Moerwanto, M.Sc.

Terkait pembangunan double track rel kereta api,  Menhub menjelaskan, akan dimulai pada bulan Desember mendatang. Pembangunan jalur double track ini akan mempersingkat waktu tempuh Kereta api dari Sukabumi ke Bogor dan sebaliknya, yang biasanya lebih dari 2 jam menjadi 1 jam 30 menit.

“Selain mempersingkat jarak tempuh, juga dapat menambah volume penumpang, dari 3.500 penumpang per hari, menjadi 12.000 penumpang atau naik empat kali lipat. Pembangunan jalur double track ini akan dilanjutkan ke Cianjur hingga Padalarang. Dengan tahapan pembangunan jalur double track untuk rel KA Bogor-Sukabumi, rehabilitasi untuk jalur KA Sukabumi-Cianjur dan Reaktivasi untuk jalur Cianjur-Padalarang sehingga nantinya akan terkoneksi dari Bogor hingga ke Bandung,” ungkap Menhub.

Sementara itu, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Dr. Ir. Arie Setiadi Moerwanto, M.Sc., menjelaskan, Kementerian PUPR berencana akan membangun jalur pantai selatan Jawa, mulai dari Banten hingga Banyuwangi sepanjang 1.600 kilometer. Selain itu, akan dibangun pula jalan tol Bocimi, Desember 2017 seksi satu Ciawi – Caringin akan diresmikan, selanjutnya seksi dua Caringin – Cigombong, akan diresmikan pada bulan maret 2018.

Ditambahkannya, pembangunan Tol Bocimi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sukabumi baik dari sektor ekonomi maupun sektor pariwisata. Karena dengan hadirnya tol bocimi pergerakan orang dan barang akan semakin cepat dan geliat Pariwisata di Sukabumi akan semakin maju dengan hadirnya wisatawan yang datang ke Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Anggota Komisi sembilan DPR RI, Hj. Dewi Asmara, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fachmi, S.Ag., M.Mpd., dan Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, MM.