PEMERINTAH KOTA SUKABUMI HARUS SEGERA MELAKUKAN PENYESUAIAN SEKALIGUS MERUBAH RTRW

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, Ir. H. Rudi Djuansyah, akibat adanya pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), Pemerintah Kota Sukabumi harus segera melakukan penyesuaian dan melakukan revisi sekaligus merubah RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah). Hal tersebut sangat penting dilakukan, sebagai salah satu langkah dan upaya untuk menyesuaikan RTRW Kota Sukabumi dengan program pembangunan nasional. Dikatakannya, dari hasil kajian sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, ada beberapa pertimbangan perubahan RTRW Kota Sukabumi, akibat adanya pembangunan Jalan Tol Bocimi terhadap tata kota di wilayah Kota Sukabumi, terutama pada penataan lintasan, sesuai dengan hasil kajian yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Sukabumi.

Untuk itu, pihak Bappeda Kota Sukabumi, saat ini sedang melakukan dan menyiapkan kajian rencana pembangunan Kota Sukabumi untuk lima tahunan ke depan, yang akan disusun oleh Kepala Daerah Kota Sukabumi periode mendatang, Hasil kajian tersebut menjadi salah satu dasar dan landasan, untuk menentukan arah RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi, dengan mengacu pada RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kota Sukabumi. Karena rencana pembangunan Kota Sukabumi untuk lima tahunan ini, sudah tertuang dalam RPJPD Kota Sukabumi. Namun untuk merealisasikan dan mewujudkannya, dibutuhkan upaya yang strategi dan kebijakan Kepala Daerah Kota Sukabumi yang baru, hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) tahun 2018 mendatang.

Dikatakan pula, kendati penyesuaian RTRW Kota Sukabumi ini dilakukan akibat adanya pembangunan Jalan Tol Bocimi, Pemerintah Kota Sukabumi bukan berarti tidak memprioritaskan pembangunan bidang-bidang lainnya. Sebab Pemerintah Kota Sukabumi akan tetap fokus melaksanakan pembangunan dan mengedepankan pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan perdagangan. Hal tersebut sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa. Selain itu juga dikatakan, untuk melakukan evaluasi standar pelayanan perkotaan, pihak Bappeda Kota Sukabumi akan melibatkan Tenaga Akhli non PNS (Pegawai Negeri Sipil) dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI, untuk merancang rencana pembangunan Kota Sukabumi lima tahun ke depan.