WALIKOTA SUKABUMI MENERIMA PENGHARGAAN ANUGERAH PANDU NEGERI TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Selain mendapat penghargaan tertinggi dari Presiden RI, yakni Anugrah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha Tahun 2017, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., juga menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri Tahun 2017. Adapun penghargaan tertinggi dari Presiden RI tersebut, disematkan secara langsung oleh Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI, Tjahjo Kumolo, pada rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017, tepatnya tanggal 10 November 2017, pukul 08.00 WIB, di Kantor Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) Jakarta, bersama para Bupati dan Walikota lainnya se Indonesia, yang mendapat penghargaan tersebut.

Sedangkan penghargaan Anugerah Pandu Negeri Tahun 2017, diserahkan oleh IIPG (Indonesia Institute for Publik Govermance), pada hari dan tanggal yang sama, pukul 18.30 WIB, bertempat di Financial Hall, Financial Club, Graha CIMB Naga Lantai 2 Jakarta, karena Walikota Sukabumi dinilai sebagai pemimpin yang inovatif dan berhasil melakukan terobosan, khususnya dalam upaya meningkatkan pertumbuhan sosial ekonomi, melalui reformasi tata kelola.

PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Bagian Humas (Hubungan Masyarakat) dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Benny Mustari, S.Pd., S.IP., M.Si. menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota terbaik, serta kepada pemimpin yang inovatif dan telah berhasil melakukan terobosan dalam upaya meningkatkan pertumbuhan sosial ekonomi, melalui reformasi tata kelola.

Adapun penilaian untuk mendapatkan penghargaan Anugerah Pandu Negeri Tahun 2017 ini, dilakukan kepada 34 Pemerintah Provinsi, 416 Pemerintah Kabupaten dan 99 Pemerintah Kota se Indonesia, dengan kriteria penilaian terdiri dari aspek tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, kinerja pengembangan manusia, kinerja ekonomi, inovasi strategik dan pimpinan yang inovatif. Dari hasil penilaian tersebut, didapatkan 50 nominasi Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota terbaik, serta untuk pimpinan yang inovatif, salah satunya Walikota Sukabumi.

Dijelaskan pula, penilaian untuk mendapatkan pengharagaan tersebut, dilakukan oleh 7 orang penilai, 6 orang pengarah dan 5 orang juri, yang terdiri dari Anggota Dewan Ekonomi Nasional Indonesia, Prof. Dr. Djisman Simanjuntak, Anggota Panitia Kerja RUU Terorisme Pemerintah dan DPR, Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo, S.H., L.L.M., M.A., Profesor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Dr. Sidharta Utama, Ph.D,CA,CFA., Pengacara dan Akhli Hukum sekaligus mantan Komisioner KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Chandra M. Hamzah, S.H., serta Business Director of Tempo.co. PT Info Media Digital dan Economics Editor and Head of Business Development Division Tempo Media Group, Yostinus Tomi Aryanto.