KPU KOTA SUKABUMI SUDAH MELANTIK SEBANYAK 99 ANGGOTA PPS SE KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi sudah melantik sebanyak 99 Anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) se Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 11 November 2017, untuk di 33 kelurahan yang tersebar di 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi, atau masing-masing kelurahan sebanyak 3 orang Anggota PPS. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., selaku Wakil Ketua Desk Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, dilaksanakannya pelantikan terhadap 99 Anggota PPS se Kota Sukabumi ini, dalam kerangka menjaga dan menjamin Pilkada serentak di Kota Sukabumi Tahun 2018, serta Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden) Tahun 2019 mendatang, supaya dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta aman, tertib, tenteram dan damai. Untuk itu, Wakil Walikota Sukabum berpesan kepada 99 Anggota PPS se Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) serta bidang masing-masing. Sebab tugas PPS ini sangat berat, yakni harus dapat menjamin warga masyarakat Kota Sukabumi, untuk ikut melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018 serta Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang, dan harus dapat menjamin tidak akan terjadi permasalahan di wilayah kelurahannya masing-masing. Selain itu, ke 99 Anggota PPS se Kota Sukabumi ini, harus bersikap netral dan menjaga indepedensi, serta harus senantiasa melakukan koordinasi dengan seluruh aparat wilayah.

Sementara Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah, S.Ag. menjelaskan, dengan telah dilantiknya Anggota PPS di Kota Sukabumi ini, KPU Kota Sukabumi sudah menyelesaikan pembentukan seluruh perangkat SDM (Sumber Daya Manusia), yang akan membantu tugas KPU Kota Sukabumi sampai ke tingkat kelurahan, dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 serta Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang. Karena sebelumnya, KPU Kota Sukabumi juga sudah melantik sebanyak 35 orang Anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 30 Oktober 2017, untuk di 7 kecamatan se Kota Sukabumi, atau masing-masing kecamatan sebanyak 5 orang Anggota PPK.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua KPU Kota Sukabumi meminta kepada seluruh Anggota PPK dan PPS se Kota Sukabumi, agar mulai bekerja untuk agenda tahapan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang, diantaranya melakukan pemuktahiran data pemilih, termasuk melakukan persiapan pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang. Sebab seluruh Anggota PPK dan PPS se Kota Sukabumi ini, akan diberi tugas melakukan pemberkasan Sipol (Sistem Informasi Politik), untuk memperivikasi Parpol (Partai Politik). Selain itu, Ketua KPU Kota Sukabumi juga meminta kepada seluruh Anggota PPS se Kota Sukabumi, agar segera melakukan rapat pleno, untuk memilih dan menentukan Ketua PPS masing-masing, yang selanjutnya diusulkan kepala Sekretariat KPU Kota Sukabumi, untuk dibuatkan SK (Surat Keputusan)-nya.