WALIKOTA SUKABUMI MEMBUKA MTQ ANTAR PELAJAR KE 8 TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., hari Selasa, 14 November 2017, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, secara resmi membuka MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) Antar Pelajar Ke 8 Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017. Acara pembukaan MTQ tersebut, diawali devile kafilah MTQ utusan dari 7 Kecamatan se Kota Sukabumi, Laporan Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Dr. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag. selaku Ketua Panitia Penyelenggara, Pelantikan Dewan Hakim oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., serta Penyerahan Trophy Bergilir dari Camat Gunung Puyuh, Fajar Rajasa, S.STP., M.Si., sebagai Juara Umum MTQ Ke 7 Antar Pelajar Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2016, kepada Walikota Sukabumi, dan diserahkan kembali kepada Ketua Panitia Penyelenggara, untuk diperebutkan kembali oleh para kafilah.

Hadir pada kesempatan tersebut, unsur FKPD (Forum  Komunikasi  Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, jajaran Pengurus MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi, jajaran Pengurus LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kota Sukabumi, dan para tamu undangan lainnya.

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., dalam sambutannya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi, atas dilaksanakannya MTQ Antar Pelajar Ke 8 Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017 ini. Selain itu, Walikota Sukabumi juga berpesan kepada seluruh kafilah MTQ Antar Pelajar Ke 8 Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, upaya untuk memperoleh gelar juara bukan merupakan tujuan utama, tapi semangat silaturahmi dan kebersamaan antar pelajar di Kota Sukabumi bisa terjalin dengan baik, dan menjadi sarana untuk meningkatkan nilai-nilai keislaman di kalangan pelajar di Kota Sukabumi.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kota Sukabumi, Dr. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag. selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, tema yang diangkat dalam pelaksanaan MTQ ini, yakni Dengan Semangat MTQ Antar Pelajar Ke 8 Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017, Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengalaman Isi Kandungan Al Quran, Demi Terwujudnya Pendidikan Yang Berkarakter Dalam Nuansa Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya MTQ ini, diantaranya untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman seni baca dan tulis Al Quran dalam kehidupan sehari-hari, sebagai salah satu penerapan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin, untuk menggali dan mengembangkan potensi pelajar dan masyarakat yang memiliki bakat di bidang seni baca dan tulis Al Quran, serta untuk menyiarkan agama Islam melalui pendekatan dakwah Bil Hal dan Bil Lisan. Adapun jumlah kafilah yang mengikuti MTQ Antar Pelajar Ke 8 Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, seluruhnya mencapai 350 orang pelajar, utusan dari 7 Kecamatan se Kota Sukabumi.