WALIKOTA SUKABUMI AKAN MENCARI FIGUR PEJABAT UNTUK MENJABAT PLT SEKRETARIS DAERAH KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., akan mempertimbangkan dan mencari figur Pejabat Eselon II atau setingkat Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk menjabat PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi. Karena Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., menurut rencananya, terhitung mulai tanggal 1 Desember 2017 ini akan menanggalkan jabatannya, sebab sudah memasuki masa pensiun.

Namun kendati masa jabatan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi ini akan segera berakhir, tapi hingga saat ini, Walikota Sukabumi tidak memiliki niat untuk mempertimbangkan dan mencari figur Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk dijadikan Calon Sekretaris Daerah Kota Sukabumi yang baru. Sebab untuk menentukan figur pejabat tersebut, Walikota Sukabumi akan menyerahkan kewenangan sepenuhnya kepada Kepala Daerah Kota Sukabumi periode tahun 2018-2023, hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2018 mendatang.

Sedangkan untuk mengisi kekosongan pada jabatan tersebut, Walikota Sukabumi saat ini sedang melakukan kajian sekaligus mempertimbangkan dan mencari figur Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk menjabat PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi. Dijelaskannya, untuk memilih dan menentukan PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, disamping persyaratan administratif seperti kepangkatan, juga kinerja dan prestasinya selama menduduki Jabatan Eselon II harus baik.

Dijelaskan pula, berdasarkan data yang ada, Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang memiliki persyaratan administratif termasuk kinerja dan prestasinya cukup baik terbilang cukup banyak, serta berpotensi dapat menjadi PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi. Dengan demikian, persaingan untuk menjadi PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi ini akan berlangsung sengit, khususnya dalam proses pemilihan dan pengangkatannya. Selain itu juga dijelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi bisa melakukan pemilihan dan pengangkatan PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, tanpa harus ada persetujuan dari Gubernur Jawa Barat.

Lebih jauh Walikota Sukabumi menjelaskan, sejak mendekati pelaksanaan Pilkada, Pemerintah Kota Sukabumi tidak lagi berwenang untuk mengangkat pejabat di seluruh posisi strategis, termasuk mengangkat Kepala Sekolah. Apabila dalam keadaan terpaksa pun harus mengangkat atau mengganti pejabat termasuk Kepala Sekolah, harus melalui Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), sebab saat ini sudah memasuki pada tahapan Pilkada, serta Kepala Daerah tidak bisa seenaknya mengangkat atau mengganti pejabat pada salah satu unit kerja, termasuk Kepala Sekolah.