KEBERADAAN ASN MENJELANG PILKADA SERENTAK TAHUN 2018 DITUNTUT UNTUK BERSIKAP NETRAL

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, keberadaan ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi menjelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2018, dituntut untuk bersikap netral. Tapi disisi lain, ASN juga mempunyai hak pilih dalam menentukan Pasangan Calon Kepala Daerah ke depan, sehingga banyak warga masyarakat yang menganggap, bahwa ASN itu mendukung salah satu Pasangan Calon Kepala Daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, bukan berarti ASN itu tidak netral, tapi pada saat ASN itu menyalurkan hak pilihnya, pasti akan memilah-milah Pasangan Calon Kepala Daerah mana yang akan dipilihnya. Namun demikian, jangan dianggap ASN itu mendukung atau memenangkan salah satu Pasangan Calon Kepala Daerah, karena ASN juga mempunyai hak pilih, serta  jangan dianggap ASN itu tidak netral dan menjadi pendukung salah satu Pasangan Calon Kepala Daerah.

Tapi hal tersebut tergantung kepada pribadi ASN-nya. Apalagi ASN di daerah, Pasangan Kepala Daerah yang dipilihnya itu akan bekerja bersama membangun daerahnya. Dengan demikian, kecenderungan ASN memilih ke salah satu Pasangan Calon Kepala Daerah itu pasti ada, serta tidak bisa dipungkiri. Yang jelas, ASN itu tidak boleh ikut untuk mengarahkan, mengendalikan dan mengampanyekan salah satu Pasangan Calon Kepala Daerah kepada warga masyarakat. Untuk itu, apabila ada ASN yang bermain politik praktis akan ditindak tegas dan diberi sanksi hingga dipecat bahkan bisa dipidana.

Selain itu, ASN harus bisa menempatkan diri dan posisinya pada saat di lapangan, dan tidak boleh mengerahkan massa. Tapi apabila hanya ingin mendengarkan kampanye salah satu Pasangan Calon Kepala Daerah diperbolehkan, asal pada hari libur, dan itu pun sifatnya hanya untuk konsumsi pribadi. Namun apabila pada hari kerja tidak diperbolehkan. Kecuali ASN yang betugas di lapangan, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Kesbangpol.

Penandasan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasai Pilkada Serentak Tahun 2018 untuk ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 22 November 2017, di hotel Anugerah Kota Sukabumi.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. sekaligus sebagai Ketua Desk Pilkada Kota Sukabumi Tahun 2018 menjelaskan, keberadaaan Desk Pilkada Kota Sukabumi ini, untuk ikut membantu pelaksanaan Pilkada di Kota Sukabumi. Namun bukan berarti ikut secara teknis, tapi hanya ikut mendukung kinerja KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi dan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Sukabumi. Untuk itu, Desk Pilkada Kota Sukabumi ini, pada waktunya akan mendata jumlah perolehan suara hasil Pilkada, tapi hanya untuk kepentingan internal saja, guna disampaikan oleh Walikota Sukabumi kepada Gubernur Jawa Barat, yang selanjutnya diteruskan kepada Presiden melalui Mendagri (Menteri Dalam Negeri).