SEGENAP LAPISAN WARGA MASYARAKAT KOTA SUKABUMI AGAR TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke kali dan selokan serta ke gorong-gorong, terlebih pada musim hujan saat ini. Sebab hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya banjir, karena banyak tumpukan sampah di kali dan selokan serta di gorong-gorong atau saluran air, sehingga air di kali dan selokan serta di gorong-gorong meluap. akibat tersumbat oleh tumpukan sampah dan menimbulkan terjadinya banjir.

Untuk itu, Kepala DLH Kota Sukabumi meminta kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar dalam setiap membuang sampah dilakukan pada tempatnya yang sudah disediakan. Maksud dan tujuannya, untuk menghindari terjadi banjir, yang diakibatkan oleh meluapnya air kali dan selokan serta gorong-gorong, karena banyaknya tumpukan sampah, akibat banyaknya warga masyarakat yang tidak disiplin dan sembarangan dalam membuang sampah.

Dijelaskannya, sebelum memasuki musim hujan, pihak DLH Kota Sukabumi sudah melakukan sosialisasi dan penyuluhan serta pemahaman kepada segenap lapisan warga masyrakat Kota Sukabumi secara berkala, agar senantiasa disiplin dan tidak sembarangan dalam membuang sampah, termasuk memasang plang himbauan dan larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan di setiap titik kali dan selokan serta gorong-gorong dan tempat umum. Sebab selain dapat menimbulkan terjadinya banjir, juga dapat menimbulkan berbagai penyakit, karena air kali dan selokan serta gorong-gorong akan tercemar oleh berbagai tumpukan dan jenis sampah.

Selain itu, segenap lapisan warga masyarakat juga agar senantiasa menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan dengan baik dan optimal, termasuk melakukan Prokasih (Program Kali Bersih) di wilayahnya masing-masing, untuk menciptakan sekaligus meningkatkan lingkungan yang bersih, asri, indah dan sehat, serta terbebas dari berbagai jenis penyakit. Karena berdasarkan hasil pemantauan dan penelusuran serta evaluasi, terjadinya banjir di wilayah Kota Sukabumi ini, diakibatkan oleh meluapnya air kali dan selokan serta gorong-gorong, akibat airnya tersumbat oleh tumpukan sampah.