PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MENYELANGGARAKAN PORKOTA KE 7 TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, akan menyelanggarakan Porkota (Pekan Olah Raga Kota) Ke 7 Tahun 2017, tepatnya dari tanggal 8 sampai dengan 17 Desember 2017 ini, serta akan dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai, dan akan ditutup secara resmi di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai, yang akan diawali dengan pertandingan Senam Maumere.

Kepala Disporapar  Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si., didampingi Kepala Bidang Keolahragaan Disporapar Kota Sukabumi, Caesar Anwar, S.STP. menjelaskan, maksud dan tujuan diselenggarakannya Porkota Ke 7 Tahun 2017 ini, diantaranya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran warga masyarakat Kota Sukabumi dalam melaksanakan olahraga, menuju warga masyarakat Kota Sukabumi yang sehat, bugar dan berprestasi.

Disamping itu, juga merupakan salah satu wadah bagi para atlet dari 7 kecamatan se Kota Sukabumi, untuk mengukur sekaligus meningkatkan prestasi dan kemampuan yang sudah dicapai melalui latihan dan pembinaan, menggali potensi atlet muda di 7 kecamatan se Kota Sukabumi, serta sebagai salah satu wahana untuk menjalin persaudaraan warga masyarakat khususnya para atlet dari 7 kecamatan se Kota Sukabumi, guna menciptakan Pemerintahan dan Warga Masyarakat Kota Sukabumi yang Reugreug Pageuh Repeh Rapih, atau Tangguh, Kukuh, Aman, Tenteram, Bersatu dan Damai, menuju Pemerintahan dan Warga Masyarakat Kota Sukabumi Yang Rahamatan Lil Alamin.

Adapun Cabor (Cabang Olahraga) yang dipertandingkan dalam Porkota Ke 7 Tahun 2017 ini, seluruhnya berjumlah 8 Cabor. Antara lain, Bulu Tangkis di GOR (Gelanggang Olah Raga) Suryakecana Kota Sukabumi, dari tanggal 8 sampai dengan 9 Desember 2017, serta Atletik dan Bola Voli di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, dari tanggal 12 sampai dengan 14 Desember 2017.

Selanjutnya Catur di Ruangan Pertemuan Disporapar Kota Sukabumi, Pencak Silat di GOR Suryakencana Kota Sukabumi, Tenis Lapang di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi dan Tenis Meja di GOR Rengganis Kota Sukabumi, dari tanggal 12 sampai dengan 14 Desember 2017, serta Senam di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, dari tanggal 14 sampai dengan 17 Desember 2017.

Sedangkan dasar hukum penyelenggaraan Porkota Ke 7 Tahun 2017 ini, yakni Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional, PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga, Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Tentang APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Tahun Anggaran 2017, Perda Kota Sukabumi Tentang OPD (Organisasi Perangkat Daerah), serta Program Kerja Disporapar Kota Sukabumi dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Sukabumi Tahun 2017.