WAKIL WALIKOTA SUKABUMI SECARA RESMI MEMBUKA PORKOTA KE 7 SUKABUMI TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., secara resmi membuka Porkota (Pekan Olah Raga Kota) Ke 7 Sukabumi Tahun 2017, tepatnya hari Selasa, 12 Desember 2017, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, ditandai dengan Penekanan Tombol Sirine. Hadir pada kesempatan tersebut, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Sukabumi, para Ketua Cabor (Cabang Olahraga), serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Sukabumi mengungkapkan, Porkota Sukabumi pertama kali dilaksanakan pada Tahun 2005, sebagai bentuk komitmen seluruh warga masyarakat Kota Sukabumi, untuk mengevaluasi hasil pembinaan olahraga, sebagai implernentasi Undang-Undang Nomor  3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan. Dijelaskannya, kegiatan Porkota ini memiliki peran yang sangat penting, khususnya dalam membangun karakter warga masyarakat. Untuk itu, olahraga harus dilihat dan disikapi dengan lebih proposional. Karena olahraga, disamping menjadi salah satu pilar pembangunan karakter bangsa, juga mempunyai peran yang sangat signifikan dalam memacu tumbuh kembangnya sektor pariwisata dan ekonomi warga rnasyarakat, melalui jasa dan industri olahraga, serta kokohnya persatuan dan kesatuan warga masyarakat.

Dijelaskan pula, Porkota yang merupakan kebulatan tekad warga masyarakat Kota Sukabumi ini, untuk menjadikan olahraga sebagai bagian aktifitas terpenting yang harus dilaksanakan dan dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus sebagai ajang persiapan menuju Porda (Pekan Olahraga Daerah) Jawa Barat Tahun 2018, di Kabupaten Bogor. Dengan demikian, setiap warga masyarakat Kota Sukabumi mempunyai kewajiban yang sama, untuk melaksanakan komitmen tersebut secara konsekwen dan konsisten, sampai terwujudnya warga masyarakat Kota Sukabumi yang sehat, bugar dan berprestasi, serta berkarakter dan bermartabat berlandasan iman dan taqwa, khususnya dalam mewujudkan kehidupan warga masyarakat Kota Sukabumi yang cerdas, maju dan sejahtera, melalul bidang olahraga.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., menerima Piala Bergilir Porkota Sukabumi, dari Camat Cikole, H. Ayi Jami’at, S.STP., M.Si., sebagai Juara Umum Porkota Sukabumi Ke 6 Tahun 2015, serta diserahkan kembali kepada Kepala Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si., untuk diperebutkan kembali oleh peserta Porkota Sukabumi Ke 7 Tahun 2017.