HASIL PRODUKSI PERTANIAN DI KOTA SUKABUMI MENGALAMI PENINGKATAN YANG CUKUP SIGNIFIKAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T., hasil produksi pertanian di Kota Sukabumi hingga bulan November 2017, khususnya komoditi padi mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni mencapai 21,178 ton GKP (Gabah Kering Panen). Selain itu juga diungkapkan, seluruh hasil pertanian tersebut, berasal dari 1.540 hektar areal persawahan, yang tersebar di 33 Kelurahan dan 7 Kecamatan se Kota Sukabumi. Diungkapkan pula, tingkat hasil produksi pertanian tersebut, diperkirakan akan betambah pada akhir bulan Desember 2017 ini, dengan estimasi keseluruhan hasil produksi pertanian mencapai 23,054 ton GKP, atau melebihi target sasaran panen yang ditetapkan pada tahun 2017 ini, yakni mencapai 101,76 persen.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi menjelaskan, dari 7 Kecamatan se Kota Sukabumi, hanya ada 2 Kecamatan yang menjadi daerah penghasil produksi pertanian terbanyak di Kota Sukabumi, yakni Kecamatan Cibeureum dan Kecamatan Lembursitu, sehingga ke 2 Kecamatan tersebut dikenal sebagai sentra penghasil produksi pertanian di Kota Sukabumi. Karena ke 2 Kecamatan tersebut, memiliki areal persawahan yang lebih luas, apabila dibandingkan dengan Kecamatan lainnya yang ada di Kota Sukabumi. Adapun luas areal persawahan yang ada di Kecamatan Cibeureum mencapai 449 hektar, dan luas areal persawahan yang ada di Kecamatan Lembursitu mencapai 306 hektar. Dijelaskan pula, selain memiliki areal persawahan yang lebih luas, di ke 2 Kecamatan tersebut, juga memiliki lahan pertanian lainnya yang lebih luas, yakni ladang dan kolam ikan.

Selanjutnya dijelaskan, mengenai pencapaian target kinerja dalam setiap tahunnya, DKP3 Kota Sukabumi merupakan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dengan tingkat kinerja baik. Hal tersebut sesuai dengan tabulasi pencapaian kinerja tahun 2017, yang ditampilkan dalam Wibsite Resmi milik Pemerintah Kota Sukabumi. Dalam halaman E-Performance pada portal tersebut, berisi tentang pencapaian perjanjian kinerja seluruh unit kerja yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Disamping itu juga dijelaskan, dalam tabulasi tersebut, menunjukan indikator kinerja DKP3 Kota Sukabumi lebih didominasi oleh warna biru dan hijau. Sebab warna biru menunjukan keterangan pencapaian dan indikator kinerja melebihi target, dan warna hijau menunjukan keterangan pencapaian dan indikator tercapainya kinerja sesuai dengan target yang ditetapkan.