SEBANYAK 3 KELURAHAN DI KOTA SUKABUMI AKAN DILINTASI JALAN TOL BOCIMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 3 Kelurahan di Kota Sukabumi, yang terdiri dari Kelurahan Karangtengah dan Kelurahan Karamat Kecamatan Gunungpuyuh serta Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole, akan dilintasi Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi). Kepala Kantor ATR BPN (Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional) Kota Sukabumi, A. Wajah Ganjar menjelaskan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pembangunan jalan tol tersebut, Kantor ATR BPN Kota Sukabumi, pada tahun 2018 ini akan melakukan pengukuran dan pembebasan tanah seluas 10 hektar, yang tersebar di 3 wilayah Kelurahan di Kota Sukabumi.

Karena pihak Kantor ATR BPN Kota Sukabumi, sudah mendapat tugas dari Kanwil (Kantor Wilayah) ATR BPN Propinsi Jawa Barat, agar pada tahun 2018 ini melakukan pengukuran dan pembebasan tanah di wilayah Kota Sukabumi, untuk kepentingan pembangunan Jalan Tol Bocimi. Sebab pembangunan jalan tol sepanjang 53,6 kilo meter ini, ditargetkan oleh Pemerintah Pusat harus selesai pada tahun 2019 mendatang, karena masuk dalam Proyek Strategis Nasional. Adapun proses pengukuran tanah tersebut akan segera dimulai, lantaran ditargetkan harus selesai dalam tahun 2018 ini. Karena pembangunan jalan tol tersebut, di Kota Sukabumi akan dimulai apabila sudah selesai di Kabupaten Sukabumi.

Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan proses pengukuran tanah tersebut, pihak Kantor ATR BPN Kota Sukabumi akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, diantaranya dengan pihak DPU-PRP-KPP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kota Sukabumi, serta dengan pihak Kontraktor Pembangunan Jalan Tol Bocimi. Sebab pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan jalan tol tersebut, tidak semudah seperti membalikan telapak tangan, karena membutuhkan waktu yang panjang serta harus memenuhi persyaratan teknis dan yang lainnya.

Kepala Kantor ATR BPN Kota Sukabumi menjelaskan, Pembangunan Jalan Tol Bocimi ini, merupakan salah satu dari tiga usulan pembangunan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. kepada Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, sebagai masukan dari warga masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya. Sedangkan dua pembangunan lainnya yang diusulkan Walikota Sukabumi kepada Presiden RI tersebut, yakni pembangunan double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi dan pembangunan Bandara Sukabumi, serta pelaksanaan pembangunannya ditargetkan harus selesai pada tahun 2019 dan 2020 mendatang.