DALAM TAHUN 2017 DI KOTA SUKABUMI TERJADI 159 KALI BENCANA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala Unsur Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, Drs. Asep Suhendrawan, dalam tahun 2017, di Kota Sukabumi terjadi 159 kali kejadian bencana, yang terdiri dari 20 kali kebakaran, 45 banjir, 64 tanah longsor, 35 angin topan dan beliung, serta 3 kali gempa bumi dan 20 kali kejadian bencana yang diakibatkan cuaca ekstrem, dengan total kerugian mencapai Rp. 2.761.150.000,00.

Diungkapkan pula, jumlah bencana yang terjadi di Kota Sukabumi pada tahun 2017 tersebut lebih sedikit, apabila dibandingkan dengan jumlah kejadian bencana yang terjadi pada tahun 2016, yakni mencapai 187 kali kejadian bencana, yang terdiri dari 24 kali kebakaran, 18 banjir, 50 tanah longsor, 4 angin topang dan beliung, 23 gempa bumi dan 40 kejadian bencana yang diakibatkan cuaca ekstrem, serta total kerugiannya pun mencapai Rp. 9.359.600.000,00.

Selain itu juga diungkapkan, bencana yang terjadi di Kota Sukabumi, hingga saat ini masih didominasi oleh bencana tanah longsor. Adapun wilayah yang paling rawan terjadi bencana tanah longsor di Kota Sukabumi, yakni wilayah Kecamatan Cikole, Kecamatan Gunungpuyuh dan Kecamatan Warudoyong.

Saat dikonfirmasi tentang lama waktu tingginya intensitas curah hujan khususnya di Kota Sukabumi, menurut Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi belum bisa dipastikan. Karena BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), belum mengeluarkan rilis resmi lagi tentang perubahan cuaca.

Untuk itu, Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya yang tinggal di pemukiman dekat tebing dan sungai, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, terutama pada setiap terjadi turun hujan. Disamping itu, juga agar tidak membuang sampah sembarangan terutama ke sungai dan saluran air, karena dapat menimbulkan bencana banjir, sebab airnya meluap akibat tersumbat oleh tumpukan sampah.

Sedangkan untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak pada saat terjadi bencana, BPBD Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya tentang cara-cara melakukan penyelamatan yang benar pada saat terjadi bencana, baik bencana kebakaran, banjir dan tanah longsor, maupun angin topang dan beliung, serta gempa bumi dan bencana lainnya.