SUKABUMI SUMMIT TAHUN 2016 DAPAT MENDORONG PERCEPATAN PEMBANGUNAN JALAN TOL BOCIMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sukabumi Summit Tahun 2016 yang digagas Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., serta diikuti oleh 10 Pemerintah Kota dan Kabupaten se Jawa Barat, yakni Pemerintah Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bogor dan Kota Depok, serta Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bogor, dapat mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) hingga tersambung sampai Bandung.

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, upaya mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Bocimi untuk daerah jalur tengah Propinsi Jawa Barat khususnya Kota Sukabumi melalui Sukabumi Summit ini, sudah tergambar dan optimis dapat direalisasikan. Buktinya Bapak Presiden, Ir. H. Joko Widodo, sudah merealisasikan pembangunan jalan tol tersebut, serta ditargetkan selesai sampai ke Kota Sukabumi pada tahun 2019 mendatang.

Selain itu, Bapak Presiden juga merealisasikan pembangunan double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi, dan ditargetkan selesai pada tahun 2019 mendatang, serta akan merealisasikan pembangunan Bandara Sukabumi. Namun untuk lokasinya, hingga saat ini masih dirahasiakan. Yang jelas, pembangunan Bandara Sukabumi ini, ditargetkan selesai pada tahun 2020 mendatang.

Dikatakannya, khusus untuk Jalan Tol Bocimi tahap pertama, menurut informasi terakhir dari Bapak Presiden, pada bulan Maret 2018 ini sudah dapat digunakan. Sedangkan untuk sampai ke Kota Sukabumi, saat ini masih dalam tahap proses pembebasan lahan. Untuk itu Walikota Sukabumi mengharapkan, proses pembebasan lahan khususnya di Kota Sukabumi bisa selesai dalam tahun 2018 ini, sehingga pembangunan Jalan Tol Bocimi ini bisa selesai sampai ke Kota Sukabumi pada tahun 2019 mendatang.

Menyinggung apakah Sukabumi Summit ini bisa diterapkan tidak dalam program pembangunan lainnya, menurut Walikota Sukabumi bisa saja, selama kepentingannya untuk beberapa Kepala Daerah di wilayah jalur tengah Propinsi Jawa Barat, yang terdiri dari Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bogor dan Kota Depok, serta Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bogor. Buktinya melalui Sukabumi Summit ini, berhasil mendorong Pemerintah Pusat, untuk melakukan percepatan pembangunan Jalan Tol Bocimi.

Dikatakan pula, Sukabumi Summit ini merupakan salah satu pola dan upaya semacam demo dari Pemerintah Daerah. Namun lebih elegant, sebab demonya langsung dilakukan oleh para pemegang dan penentu kebijakan di daerah, serta Pemerintah Pusat akan lebih memperhatikan dan segera meresponnya. Salah satu buktinya, yakni dipercepatnya pembangunan Jalan Tol Bocimi, sebagai cikal bakal dari Sukabumi Summit.