HARGA BERAS AKAN STABIL DAN NORMAL KEMBALI SETELAH PANEN RAYA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Stok beras di setiap pasar di Kota Sukabumi cukup banyak, tapi harganya mahal/ Antara lain Beras Ciherang Rp. 12.400,00, Beras IR 64 KW 1 Jampang Rp. 10.400,00, dan Beras IR 64 KW 2 Jampang Rp. 9.800,00 per kilogram. Padahal menurut Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M., Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, sudah melaksanakan OPB (Operasi Pasar Beras), bekerja sama dengan Polres Sukabumi Kota dan Perum Bolog (Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik) Sub Divre (Divisi Regional) Wilayah II Cianjur, namun harganya tetap mahal, atau mengalami kenaikan hingga 20 persen dari harga normal sebelumnya.

Saat dikonfirmasi tentang penyebab mahalnya harga beras di Kota Sukabumi, Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi belum mengetahuinya secara pasti. Namun menurut prediksi, penyebab mahalnya harga komoditi tersebut, kemungkinan diakibatkan oleh musim hujan yang melanda sejumlah daerah penghasil beras, sehingga banyak petani yang mengalami gagal panen. Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi menjelaskan, kendati harga beras mahal, tapi tidak mengakibatkan terhadap penurunan daya beli warga masyarakat terhadap komoditi tersebut. Karena beras merupakan kebutuhan dan makanan pokok warga masyarakat sehari-hari.

Dijelaskan pula, menurut iInformasi terakhir dari DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, bahwa harga beras di Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi akan stabil dan normal kembali, setelah panen raya di Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, yakni pada bulan Februari 2018. Selain itu juga dijelaskan, aparat Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, setiap hari melakukan monitoring dan pemantauan terhadap siklus harga beras, ke setiap pasar yang ada di Kota Sukabumi. Diharapkannya, harga beras di Kota Sukabumi dapat segera stabil dan normal kembali. Sedangkan stok barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang penting strategis lainnya di Kota Sukabumi, seperti diungkapkan Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi cukup tersedia, serta fluktuasi harganya pun masih dalam batas kewajaran. Disamping itu, penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar.