PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SENANTIASA MENINGKATKAN KUALITAS KADER POSYANDU DI KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal meningkatkan kualitas Kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) di Kota Sukabumi, diantaranya melalui pembinaan dan pelatihan. Maksud dan tujuannya, supaya Kader Posyandu di Kota Sukabumi dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam memberikan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di sekitar Posyandunya masing-masing.

Penandasan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan dalam sambutan saat membuka secara resmi Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu se Kecamatan Warudoyong, tepatnya tanggal 5 Februari 2018, di Ruangan Pertemuan Kecamatan Warudoyong, dalam rangka peningkatan kapasitas Kader Posyandu di Kota Sukabumi Tahun 2018. Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, S.E., Camat Warudoyong, Drs. R. Samiarto, M.Si., Ketua Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu Kecamatan Warudoyong, para Ketua Pokja (Kelompok Kerja) Posyandu Kelurahan se Kecamatan Warudoyong, serta para tamu undangan lainnya.

Ditandaskan pula, Posyandu merupakan salah satu sarana kesehatan berbasis masyarakat, yang memberikan pelayanan dalam bidang kesehatan khususnya KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), KB (Keluarga Berencana), Gizi, Imunisasi dan Penanggulangan Diare. Selain itu, juga meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui berbagai kegiatan, khususnya dalam bidang pendidikan, ekonomi dan bina keluarga, seperti BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluraga Remaja) dan BKL (Bina Keluarga Lansia), dalam rangka memberi kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar, pendidikan dini dan kebutuhan hidup minimal. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui pendekatan pemeliharaan KIA, memotivasi para ibu untuk memperhatikan pendidikan anak sejak dini, dan cara-cara memperoleh tambahan penghasilan keluarga, melalui UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga).

Berkaitan dengan hal tersebut, para Kader Posyandu di Kota Sukabumi, diharapkan dapat menggalang partisipasi dari berbagai pihak, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program, tugas, peran dan fungsi Posyandu, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Posyandunya masing-masing. Karena Posyandu ini, dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat.