WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MEMANTAU PELAKSANAAN IMUNISASI DIFTERI DI KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., didampingi Kepala Bidang P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati, memantau pelaksanaan Imunisasi Difteri di Kota Sukabumi, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi di seluruh sekolah dan madrasah di Kota Sukabumi, tepatnya  tanggal 6 Februari 2018, diantaranya di SD Negeri Begeg dan SD Negeri Lembursitu Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar pelaksanaan Imunisasi Difteri di Kota Sukabumi ini, berjalan dengan baik dan lancar serta dapat mencapai target 100 persen, sehingga ke depannya Kota Sukabumi terbebas dari penyakit Difteri. Dikatakannya, untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan kerja keras dari semua pihak, khususnya instansi dan lembaga terkait, dari mulai sekolah, orang tua dan segenap elemen warga masyarakat Kota Sukabumi lainnya. Adapun upaya untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Imunisasi Difteri di Kota Sukabumi ini, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan Kota Sukabumi sudah melaksanakan Sosialisasi ORI (Outbreak Response Immunization) Difteri di Kota Sukabumi Tahun 2018, kepada kepala sekolah, guru, Puskesmas, TNI, Polri dan lembaga lainnya.

Wakil Wali Kota Sukabumi menandaskan, pemberian imunisasi difteri di Kota Sukabumi sangat diperlukan, karena Kota Sukabumi ditetapkan sebagai KLB (Kejadian Luar Biasa) Difteri. Ditandaskan pula, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, ada 7 kasus difteri di Kota Sukabumi, diantara 1 orang positif difteri dan 6 orang dinyatakan suspect difteri.

Selain itu juga ditandaskan, pemberian imunisasi difteri ini, merupakan salah satu upaya serta wujud nyata perhatian dan kepedulian Pemerintah Kota Sukabumi, untuk mencegah penularan penyakit difteri di Kota Sukabumi. Karena penyebaran dan penularan penyakit ini sangat mudah dan cepat, serta dapat mengakibatkan kematian.

Dalam pada itu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati menjelaskan, Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah dari 15 daerah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang melaksanakan imunisasi difteri. Dijelaskan pula, imunisasi difteri ini, akan dilaksanakan secara massif, di setiap sekolah dan madrasah, Posyandu, fasilitas kesehatan dan perkantoran yang memungkinkan, tepatnya pada bulan Februari 2018, serta pada bulan Juni dan bulan Desember 2018, dengan target imunisasi sebanyak 112.000 orang usia 1 sampai dengan 19 tahun.