RIBUAN PENCARI KERJA MEMADATI BURSA KERJA STMIK NUSA MANDIRI SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepedulian STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Nusa Mandiri Sukabumi untuk mengurangi pengangguran di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi terbilang cukup tinggi, diantaranya dengan secara rutin menggelar Bursa Kerja dan Wirausaha setiap tahun, melalui NCC (Nusa Mandiri Career Center). Adapun Bursa Kerja dan Wirausaha yang baru-baru ini dilaksanakan, yakni pada tanggal 8 Februari 2018, bertempat di Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, dengan mengusung tema Langkah Sukses Menuju Masa Depan Gemilang dalam Berkarir dan Berwirausaha. Acara tersebut diisi sambutan-sambutan, diantaranya sambutan Koordinator NCC, Satia Suhada, M.Kom., dan perwakilan perusahaan diwakili oleh Cahyo Pujiotomo dari Bank Mandiri Cabang Sukabumi, serta dibuka secara resmi oleh Pimpinan Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, Denny Pribadi, M.Kom.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya Bursa Kerja dan Wirausaha Tahun 2018 ini, seperti dikatakan Pimpinan Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, Denny Pribadi, M.Kom. dalam rangka memfasilitasi mahasiswa dan alumni yang baru wisuda serta masyarakat umum, dalam meraih peluang karirnya. Dikatakan pula, dalam Bursa Kerja dan Wirausaha Tahun 2018 ini, STMIK Nusa Mandiri Sukabumi mengundang puluhan perusahaan dan pengusaha, baik yang sudah maupun yang akan bekerjasama dengan STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, serta diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, alumni dan umum, serta pelajar SMA dan SMK se Kota dan Kabupaten Sukabumi. Dengan demikian, Ruangan Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi yang berlokasi di Jalan Veteran II Nomor 20A Kota Sukabumi ini, dipadati oleh para pencari kerja yang jumlahnya mencapai 1.015 orang. Selain Ruangan Kampus, Koridor Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi pun diramaikan oleh Komunitas NEC (Nusa Mandiri Entrepreneur Center), diikuti oleh 18 pengusaha muda, yang mempromosikan berbagai produk unggulan dengan ciri khasnya masing-masing.

Dalam waktu yang bersamaan, juga diselenggarakan talkshow karir dan entrepreneur, dengan narasumber perwakilan dari HRD PT Bina Artha Ventura, Fretie Friesniatie, perwakilan dari NCC, Syaeful Ullum, dan perwakilan dari NEC (Nusa Mandiri Entrepreneur Center). Fuad Hasan. Para peserta talkshow sangat antusias menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh para narasumber, karena diselingi dengan pemberian doorprize.

Narasumber perwakilan dari HRD PT Bina Artha Ventura, Fretie Friesniatie menjelaskan, dalam berkarir atau berwirausaha. yang terpenting adalah niat awal yang kuat. Selain itu, pada saat memilih juga harus siap dengan segala resiko yang ada, tidak gengsi dan tidak tegang. Selanjutnya pada saat ada peluang yang tidak sesuai dengan skill, harus diambil dan kembangkan, karena akan menjadi skill baru yang dimiliki, serta tidak akan fanatik dengan ilmu yang dimiliki. Yang tidak kalah penting, juga jangan menyia-nyiakan semua perjuangan dilakukan selama ini.

Sementara Koordinator NCC, Satia Suhada, M.Kom. mengharapkan, dilaksanakannya bursa kerja dan wirausaha serta talkshow karir dan entrepreneur termasuk Komunitas NEC ini, dapat menginspirasi dan memotivasi sekaligus menumbuhkan semangat berwirausaha dan bisa mempersiapkan karir sejak muda. Selain itu, juga dapat mengurangi angka pengangguran di Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta generasi muda STMIK Nusa Mandiri Sukabumi dapat segera meraih karir impian atau manjadi seorang entrepreneur muda yang sukses. Dijelaskannya, seluruh rangkaian acara yang dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB ini berjalan lancar serta tertib dan aman, berkat kerjasama tim yang solid, serta kompak dan terorganisir.