AMIK BSI SUKABUMI KEMBALI MENGGELAR BURSA KERJA

Reporter : ENDANG SUMARDI

AMIK BSI (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika) Sukabumi, kembali menggelar Bursa Kerja, tepatnya tanggal 8 Februari 2018, di Aula Kampus AMIK BSI Sukabumi, Jalan Cemerlang Nomor 8 Kota Sukabumi, dengan mengambil tajuk Bursa Kerja dan Wirausaha 2018. Kegiatan yang digelar secara rutin melalui BCC (BSI Career Center) ini. merupakan kepedulian AMIK BSI Sukabumi, untuk mengurangi angka pengangguran di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Acara tersebut diisi penyampaian sambutan-sambutan, diantaranya dari Koordinator BCC, Desi Susilawati, S.Kom., dan perwakilan dari perusahaan diwakili oleh Cahyo Pujiotomo dari Bank Mandiri Cabang Sukabumi, serta dibuka secara resmi oleh Pimpinan Kampus AMIK BSI Sukabumi, Taufik Hidayatulloh, M.Kom., dan diikuti oleh ribuan peserta, yang terdiri dari Mahasiswa, Alumni dan Masyarakat Umum, serta Pelajar SMA dan SMK se Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Untuk itu, para Pencaker (Pencari Kerja) tidak hanya memadati ruangan saja, akan tetapi juga memadati setiap koridor Kampus AMIK BSI Sukabumi, karena dalam waktu yang bersamaan, Komunitas BEC (BSI Entrepreneur Center) turut serta memeriahkan kegiatan Bursa Kerja dan Entrepreneur BSI 2018, yang diikuti oleh 18 pengusaha muda, untuk mempromosikan berbagai produk unggulan dengan ciri khasnya masing-masing. Sementara di Aula AMIK BSI Sukabumi, diselenggarakan kegiatan Talkshow Karir dan Entrepreneur, dengan mengundang nara sumber, Fretie Friesniatie perwakilan dari HRD PT Bina Artha Ventura, Syaeful Ullum perwakilan dari BCC, dan Fuad Hasan perwakilan dari BEC.

Pimpinan Kampus AMIK BSI Sukabumi, Taufik Hidayatulloh, M.Kom. menjelaskan, dilaksanakannya Bursa Kerja ini, dalam rangka memfasilitasi mahasiswa dan alumni yang baru wisuda serta masyarakat umum, dalam meraih peluang karirnya. Dijelaskan pula Bursa Kerja dan Wirausaha 2018 ini, mengusung tema Langkah Sukses Menuju Masa Depan Gemilang dalam Berkarir dan Berwirausaha ini, mengundang puluhan perusahaan dan pengusaha, baik yang sudah maupun yang akan bekerjasama dengan AMIK BSI Sukabumi.

Pimpinan Kampus AMIK BSI Sukabumi mengharapkan, dengan diadanya kegiatan ini, dapat menginspirasi dan memotivasi serta menumbuhkan semangat berwirausaha, sekaligus dapat mempersiapkan para peserta, khususnya dalam menyongsong karir di masa yang akan datang. Diharapkan pula, dengan diadakannya Bursa Kerja AMIK BSI 2018 ini, dapat menjadi fasilitator para Pencaker untuk meraih impian karirnya, serta bisa mengurangi angka pengangguran, khususnya di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Sementara nara sumber, Fretie Friesniatie menjelaskan, dalam berkarir atau berwirausaha, yang terpenting adalah niat awal yang kuat, serta harus siap dengan segala resiko yang ada, tidak gengsi dan tidak tegang. Selain itu, pada saat ada peluang yang tidak sesuai dengan skill, harus diambil dan dikembangkan. Karena pada akhirnya akan menjadi skill baru yang dimiliki, serta tidak akan fanatik dengan ilmu yang dimiliki, dan jangan menyia-nyiakan semua perjuangan yang dilakukan selama ini.

Dalam kegiatan Talkshow Karir dan Entrepreneur ini, para peserta sangat antusias menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh para narasumber, karena diselingi dengan pemberian door prize bagi para audiens yang menyampaikan pertanyaan terbaik. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB ini, berjalan baik dan lancar, serta aman dan tertib, sesuai dengan harapan semua pihak.