PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MEMBANGUN 34 KIOS WISATA KULINER DI TAMAN CIKONDANG

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, menurut rencana akan membangun 34 Kios Wisata Kuliner di Taman Cikondang, Kelurahan Cikodang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, untuk memfasilitasi para pedagang yang ada di seputar lokasi taman tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Pol PP (Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, membongkar sebanyak 20 kios yang diisi oleh 29 pedagang di taman tersebut, karena dibangun di atas lahan milik Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 11 Februari 2018, menggunakan alat berat.

Kepala Bidang Penegakan Perda (Peraturan Daerah) dan Sumber Daya Aparatur Dinas PP Kota Sukabumi, Sudrajat, S.H. menjelaskan, dalam melakukan pembongkaran terhadap kios tersebut berjalan lancar dan aman, karena Dinas PP Kota Sukabumi melibatkan berbagai elemen, diantaranya Polsek Citamiang Kota Sukabumi, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan warga masyarakat setempat.

Dijelaskan pula, para pedagang yang mengisi ke 20 kios tersebut menyadari pada saat kiosnya dibongkar, karena dibangun di atas lahan milik Pemerintah Kota Sukabumi. Bahkan para pedagang sangat antusias dan mendukung terhadap rencana pembangunan kios wisata kuliner di lahan tersebut, karena setelah selesai kios tersebut dibangun, para pedagang tersebut bisa kembali menempati dan mengisinya.

Selain itu, sebelumnya Dinas PP Kota Sukabumi sudah memberikan himbauan kepada para pedagang, akan ada pembongkaran terhadap 20 kios di Taman Cikondang, yang dibangun di atas lahan milik Pemerintah Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya para pedagang yang mengisi ke 20 kios tersebut, bisa mengamankan dan membawa seluruh barang dagangannya serta mengosongkan kiosnya.

Lebih jauh Kepala Bidang Penegakan Perda dan Sumber Daya Aparatur Dinas PP Kota Sukabumi menjelaskan, dalam pembongkaran kios tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi tidak memberikan ganti rugi. Karena para pedagang tersebut sudah beberapa tahun menempati lahan milik Pemerintah Kota Sukabumi. Disamping itu, pembongkaran terhadap kios tersebut sebagai salah salah satu upaya Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam menata dan membenahi pembangunan wisata kuliner di Taman Cikondang, untuk ditempati lagi oleh para pedagang di seputar taman tersebut.