SEBANYAK 4 PASLON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA SUKABUMI SIAP MENANG DAN SIAP KALAH

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 4 Paslon (Pasangan Calon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi yang mengikuti Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018, yang terdiri dari Nomor Urut 1 Paslon Ijabah (Insya Alloh Jona Arizona dan Hanafie Zain Barokah), Nomor Urut 2 Paslon Faham (Achmad Fahmi dan Andri Setiawan Hamami), Nomor Urut 3 Paslon Mulia (Mulyono dan Ima Slamet), serta Nomor Urut 4 Paslon Dermawan (Dedi R. Wilaya dan Hikmat Nuristawan), secara bersam-sama membaca dan menandatangani Deklarasi Damai Pilkada Kota Sukabumi Tahun 2018, tepatnya pada Deklarasi Kampanye Damai yang berlangsung tanggal 18 Februari 2018, di Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi.

Adapun Deklarasi Damai Pilkada Kota Sukabumi tersebut, diantaranya siap menang dan siap kalah, serta siap menerima hasil Pilkada Kota Sukabumi Tahun 2018, baik terpilih dan tidak terpilih dengan penuh keikhlasan, berdasarkan peraturan dan  perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, juga siap melaksanakan proses kampanye secara Luber (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) serta Jurdil (Jujur dan Adil), sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dengan motto Maslahat (Mandiri, Akuntabel, Sukses dan Hasil Akurat serta Terpercaya).

Selanjutnya juga siap bekerjasama dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) serta Kepolisian, TNI dan Aparat Keamanan lainnya, untuk menjaga situasi dan kondisi Kota Sukabumi yang aman dan damai.Kemidian siap dan sanggup mengendalikan Tim Kampanye dan masa pendukung, sesuai dengan semangat masyarakat yang reugreug pageuh repeh rapih loh jinawi, silih asah, silih asih dan silih asuh, serta tidak akan melaksanakan kampanye dengan berita hoax, SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan), termasuk ujaran kebencian dan politik uang.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah, S.Ag. mengharapkan, dengan dilaksanakannya pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Damai Pilkada Kota Sukabumi Tahun 2018 oleh ke 4 Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi ini, pelaksanaan Pilkada Kota Sukabumi Tahun 2018, dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta aman, tertib, nyaman dan damai. Disamping itu, juga diharapkan dapat menjadi titik tolak terhadap pelaksaan kampanye yang tertib serta taat terhadap aturan dan azas, sehingga tidak terjadi kampanye hitam dan fitnah.

Menyinggung tahapan dan pelaksanaan kampanye bagi ke 4 Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, menurut Ketua KPU Kota Sukabumi diberi waktu selama 129 hari, tepatnya terhitung dari tanggal 15 Februari 2018 sampai dengan tanggal 23 Juni 2018 mendatang. Sedangkan metode kampanyenya, teridiri dari rapat umum, rapat terbuka dan rapat terbatas, untuk melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat, kecuali rapat umum. Adapun mengenai teknisnya, setiap Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi yang akan melakukan kampanye, harus terlebih dahulu memberikan surat pemberitahuan kepada kepolisian, baik mengenai tempat maupun waktunya.