DISDUKCAPIL KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL MENCAPAI TARGET PEMBUATAN E-KTP

Reporter : ENDANG SUMARDI

Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, berupaya optimal mencapai target pembuatan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik) bagi warga masyarakat Kota Sukabumi. Berkaitan dengan hal tersebut, Disdukcapil Kota Sukabumi sudah menyiapkan sebanyak 5.000 blangko e-KTP, untuk mengganti Suket (Surat Keterangan) Penduduk Sementara yang diberikan kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, serta untuk yang baru membuat.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. mengharapkan, target pembuatan e-KTP ini dapat segera dicapai, karena di Kota Sukabumi saat ini sedang dilaksanakan Kampanye Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018, baik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat maupun Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi.

Sedangkan target pembuatan e-KTP ini, seluruhnya mencapai 240.816 e-KTP, dan hingga saat ini sudah mencapai sekitar 235.000 e-KTP atau sudah mencapai 98 persen. Dengan demikian, target pembuatan e-KTP yang harus segera dicapai ini hanya tinggal 5.816 e-KTP lagi atau hanya tinggal 2 persen lagi. Sebab seluruh warga masyarakat Kota Sukabumi yang menggunakan Suket Penduduk Sementara dan yang sudah berusia 17 tahun, pada saat menjelang Pilkada Serentak Tahun 2018 harus sudah memiliki e-KTP, sebagai salah satu persyaratan untuk menyalurkan hak pilihnya.

Adapun upaya untuk mencapai target tersebut, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi terus berupaya optimal memberikan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan kepada seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya KK (Kartu Keluarga) dan e-KTP ke setiap permukiman warga masyarakat, pasar, sekolah, perusahaan, Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) dan tempat-tempat lainnya, melalui Program Si Jempol (Siap Jemput Bola) Pelayanan Pembuatan Dokumen Kependudukan.

Untuk itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi yang menggunakan Suket Penduduk Sementara agar ditukarkan dengan e-KTP, melalui kecamatannya masing-masing. Demikain pula kepada seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi yang sudah berusia 17 tahun, agar segera membuat Dokumen Kependudukan khususnya KK dan e-KTP, baik melalui Program Si Jempol Pelayanan Pembuatan Dokumen Kependudukan, maupun datang langsung ke Disdukcapil Kota Sukabumi. Karena stok blangko e-KTP yang tersedia di Disdukcapil Kota Sukabumi, sudah mencukupi kebutuhan.