SETIAP TIMSES AGAR TIDAK MEMASANG APK SEMBARANGAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Ketua Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Sukabumi, Muhammad Aminnudin, sejak jauh hari sebelumnya sudah menghimbau kepada setiap Timses (Tim Sukses) Paslon (Pasangan Calon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, agar tidak memasang APK (Alat Peraga Kampanye) sembarangan, baik berupa baliho maupun billboard dan yang lainnya. Untuk itu, apabila ada Timses yang memasang APK sembarangan yang tidak sesuai dengan aturan KPU (Komisi Pemilihan Umum), Panwaslu akan mencabut dan mengamankan APK tersebut. Dikatakannya, APK khususnya baliho dan billboard yang akan dicabut oleh Panwaslu, bukan masalah ukurannya, tapi masalah desainnya yang tidak sesuai dengan aturan KPU, serta ada beberapa tempat di Kota Sukabumi yang tidak boleh dipasang APK.

Dikatakan pula, setiap APK yang dipasang sembarangan dan tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh KPU, akan dicabut dan diamankan. Karena hal tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama, termasuk dengan Timses Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Panwaslu Kota Sukabumi meminta kepada setiap Timses Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, agar tidak memasang APK di tempat-tempat yang tidak diperbolehkan.

Dijelaskannya, dalam melakukan pencabutan terhadap APK yang dipasang sembarangan, Panwaslu Kota Sukabumi bekerja sama dengan Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi. Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan memudahkan dalam melakukan pencabutan terhadap APK tersebut, Panwaslu Kota Sukabumi meminjam Mobil Sky Lift milik Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, sebelum melakukan pencabutan terhadap APK tersebut, pihak Panwaslu Kota Sukabumi sejak jauh hari sudah memberitahukan dan meminta terlebih dahulu kepada setiap Timses Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, agar mencabut APK tersebut, termasuk tanggal dan waktu untuk mencabutnya. Namun apabila pada tanggal dan waktu yang sudah ditetapkan belum juga dicabut, pihak Panwaslu Kota Sukabumi dan Satpol PP Kota Sukabumi akan segera mencabut dan mengamankannya.