WARGA MASYARAKAT KELURAHAN JAYAMEKAR SUDAH MENGIKUTI BIMTEK PENGELOLAAN SAMPAH

Reporter : ENDANG SUMARDI

Warga masyarakat Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, sudah mengikuti Sosialisasi dan Bimtek (Bimbingan Teknis) Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kinerja TPS-3R (Tempat Pembuangan Sementara Reduce, Reuse dan Recycle) Berbasis Masyarakat, tepatnya tanggal 27 Februari 2018, di Ruangan Pertemuan Kelurahan Jayamekar.

Adapun maksud dan tujuannya, menurut Lurah Jayamekar, H. Padlan, S.IP., yakni sebagai salah satu upaya untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan program Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam melakukan pembenahan sekaligus mengurangi volume sampah organik dan anorganik, serta untuk meningkatkan kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan di Kota Sukabumi, terutama di wilayah Kelurahan Jayamekar.

Selain itu, juga sebagai salah satu upaya untuk menambah sekaligus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman warga masyarakat Kelurahan Jayamekar, khususnya dalam mengelola serta melakukan pemilahan terhadap sampah organik dan anorganik dengan baik dan benar, untuk selanjutnya dijual ke bank sampah di lingkungannya masing-masing, guna didaur ulang menjadi kompos atau pupuk organik dan berbagai kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Untuk itu, dalam mengikuti Sosialisasi dan Bimtek tersebut, warga masyarakat Kelurahan Jayamekar sangat antusias hingga selesai. Diharapkannya, dengan dilaksanakannya Sosialisasi dan Bimtek tersebut, tidak ada lagi warga masyarakat Kelurahan Jayamekar yang membuang sampah sembarangan, tertama ke selokan dan kali.

Lebih lanjut Lurah Jayamekar menjelaskan, salah satu program kerja Kelurahan Jayamekar yang saat ini sedang digali, yakni ingin menjadikan Kelurahan Jayamekar sebagai pusat kuliner. Sedangkan upaya untuk menunjang kelancaran dan mewujudkan program tersebut, setiap RW di wilayah Kelurahan Jayamekar sudah memiliki beberapa jenis usaha unggulan. Diantaranya kelompok budidaya jamur, buah naga dan kuliner, seperti nugget tempe dan stik tempe, yang rasanya sangat enak dan gurih.

Sementara upaya untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan program tersebut, serta untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Kelurahan Jayamekar, diantaranya dengan menjaga dan meningkatkan kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan di seluruh wilayah Kelurahan Jayamekar. Karena dengan hal tersebut, akan banyak warga masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Kelurahan Jayamekar, baik dari dalam maupun dari luar wilayah Kota Sukabumi.

Dalam pada itu, Kepala Bidang Pelayanan Kebesihan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Endah Aruni, M.T. mengharapkan, dengan dilaksanakannya Sosialisasi dan Bimtek tersebut, dapat menambah sekaligus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman warga masyarakat Kelurahan Jayamekar, khususnya dalam melakukan pengelolaan dan pemilahan terhadap sampah organik dan anorganik dengan baik dan benar, untuk didaur ulang menjadi kompos dan berbagai kerajinan yang memiliki nilai ekonomis.