SEBANYAK 40 ASN MENGIKUTI DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN I TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 40 ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, mengikuti Diklatpim (Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan) Tingkat IV Angkatan I Tahun  2018, bertempat di Gedung Korpri Kota Sukabumi. Kegiatan yang dilaksanakan atas kerja sama antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Provinsi Jawa Barat ini, dibuka secara resmi oleh Sekretaris BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, Drs, Ade Suherman, M.Si., atas nama Wali Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris BKPSDM Kota Sukabumi membacakan sambutan tertulis Wali Kota Sukabumi, diantaranya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPSDM Provinsi Jawa Barat, atas fasilitasi penyelenggaraan dan kerja sama melaksanakan Diklatpim Tingkat IV Angkatan I Tahun  2018, bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Dijelaskannya, upaya dalam mewujudkan masyarakat Kota Sukabumi yang sejahtera, nyaman dan aman serta tujuan-tujuan mulia lainnya, memerlukan proses pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan benar, serta berhasil guna dan memenuhi target. Untuk mewujudkan upaya tersebut, diperlukan sosok ASN yang profesional, serta memiliki kompetensi, keterampilan dan memiliki kesanggupan atau capability dalam melaksanakan tugas. Dijelaskan pula,  ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, saat ini berjumlah 4.022 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 721 orang adalah pejabat, yang terdiri dari 25 orang Pejabat Eselon II, 114 orang Pejabat Easelon III, dan 566 orang Pejabat Eselon IV.

Selain itu juga dijelaskan, pembinaan dan pengembangan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi mutlak diperlukan, sebagai  salah satu upaya  untuk membentuk sosok ASN yang profesional. Diantaranya melalui Diklatpim, sebagai bagian dari proses pembinaan dan pengembangan aparatur. Karena seluruh ASN yang mengikuti Diklatpim, dibekali berbagai pengetahuan, wawasan dan keterampilan, supaya memiliki berbagai kompetensi teknis tertentu, yang dapat menunjang terhadap pelaksanaan tugasnya masing-masing. Lebih lanjut dijelaskan, Diklatpim Tingkat IV ini merupakan jenis Diklat Dalam Jabatan, yang dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan Pejabat Struktural Eselon IV. Adapun yang dimaksud dengan kompetensi kepemimpinan, yakni kompetensi kepemimpinan operasional. Diantaranya kemampuan dalam merencanakan program dan kegiatan, kemampuan untuk melaksanakan detail teknis program dan kegiatan, serta kemampuan untuk mempengaruhi dan memobilisasi Staf atau Pelaksana, dalam melaksanakan program dan kegiatan yang telah direncanakan.