DEKRANASDA KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN FESTIVAL KULINER KE 2 KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Sukabumi, selama 3 hari tepatnya dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 11 Maret 2018, menyelenggarakan Festival Kuliner Ke 2 Kota Sukabumi Tahun 2018, bertempat di Wisma Bhayangkara Kota Sukabumi, yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. Hadir dalam kesempatan, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya menjelaskan, Kota Sukabumi harus siap menghadapi tahun 2019 mendatang. Oleh karenanya, para pelaku usaha makanan di Kota Sukabumi harus siap dan harus terus melakukan inovasi, serta warga masyarakat Kota Sukabumi harus bisa memilih, agar terhindar dari makanan yang tidak sehat. Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi serta instansi dan lembaga terkait lainya, agar dapat mencegah terhadap peredaran makanan tersebut. Dijelaskan pula, Sukabumi sudah terkenal dengan produk kulinernya, seperti pepes, combro dan keripik, serta banyak makanan dari tradisional menjadi makanan modern. Untuk itu, para pelaku usaha makanan di Kota Sukabumi, harus terus didorong dan dimotivasi oleh semua pihak, khususnya oleh OPD serta instansi dan lembaga terkait, supaya dapat berinovasi dalam meningkatkan dan mengembangkan produknya.

Dalam pada itu, Ketua Dekranasda Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, S.E. menjelaskan, diselenggarakannya Festival Kuliner Ke 2 Kota Sukabumi Tahun 2018 ini, dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan Peringatan Ke 104 Hari Jadi Kota Sukabumi, tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2018 mendatang. Selain itu juga dalam rangka upaya menggali potensi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Sukabumi, khususnya yang bergerak dalam bidang kerajinan dan makanan. Karena Sukabumi sudah terkenal produk makanannya yang enak-enak.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Festival Kuliner Ke 2 Kota Sukabumi Tahun 2018, Manurung menjelaskan, salah satu indikator keberhasilan dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), yakni harus ditopang oleh makanan yang sehat dan bergizi. Oleh karenanya, dalam Festival Kuliner ini dilaksanakan penyuluhan jajanan makanan yang sehat dan bergizi bagi anak TK, PAUD dan SD, para Guru TK dan PAUD, serta ibu-ibu yang memiliki balita. Karena anak-anak tersebut harus diedukasi, khususnya tentang cara memilih makanan yang sehat dan bergizi, serta terhindar dari makanan yang terkontaminasi dan makanan yang mengandung bahan berbahaya boraks. Dijelaskan pula, Festival Kuliner ini diisi berbagai kegiatan, yang teridiri dari bazaar, pameran, perlombaan, demo dan training, serta pekan kolaborasi kuliner, seni budaya dan ekonomi kreatif.