POLRES SUKABUMI KOTA SUDAH MENYELENGGARAKAN SILATURAHMI KAMTIBMAS

Reporter : ENDANG SUMARDI

Polres Sukabumi Kota sudah menyelenggarakan Silaturahmi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), dengan para Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) dan Marbot serta Dai Kamtibmas se wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, tepatnya tanggal 8 Maret 2018, di Ruangan Rekonfu Polres Sukabumi Kota. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan tersebut, karena peran serta dari para Ketua DKM dan Marbot serta Dai sangat dibutuhkan, khususnya yang berkaitan dengan upaya menangkal hoax atau berita bohong, yang akhir-akhir ini sering muncul dan banyak beredar di masyarakat melalui Medsos (Media Sosial), serta sangat mengganggu terhadap kondisi Kamtibmas. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi mengajak kepada semua pihak termasuk kepada para Ketua DKM dan Marbot serta Dai Kamtibmas se wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, untuk bersama-sama membantu jajaran kepolisian, khususnya dalam upaya menangkal dan memberikan pemahaman tentang hoax kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar berita tersebut bisa dicegah dan tidak menyebar, sebab sangat mengganggu terhadap kondisi Kamtibmas dan meresahkan warga masyarakat.

Sementara Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., mengajak kepada para pengurus DKM dan Marbot serta Dai Kamtimas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota untuk duduk bersama, khususnya dalam menyikapi hoax yang sering menyerang para ulama, serta tidak terprovokasi oleh berita tersebut. Selain itu, para imam, khotib, dai dan mubaligh, untuk senantiasa menjadikan mimbar masjid sebagai media menyampaikan dakwah secara sejuk dan menolak paham radikalisme.

Dalam pada itu, Ketua Panitia Penyelenggara, AKP Edi Priyono menjelaskan, Silaturahmi Kamtibmas yang diikuti oleh 100 orang Ketua DKM dan Marbot serta Dai Kamtibmas se wilayah hukum Polres Sukabumi Kota ini, dalam rangka upaya meningkatkan kesadaran warga masyarakat terhadap Kamtibmas, untuk mengantisipasi penyebaran hoax, radikalisme dan terorisme di wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota. Disamping itu, juga dalam rangka upaya menindak lanjuti deklarasi bersama antara Ketua DKM dan Marbot serta Dai Kamtibnas se Polda Jabar, tepatnya tanggal 1 Maret 2018, untuk menyamakan persepsi terkait penggunaan tempat ibadah sebagai syiar dan simbol pemersatu bangsa.