SEBANYAK 3 RUMAH DI JALAN PEMUDA KELURAHAN CIKONDANG MENGALAMI MUSIBAH KEBAKARAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 3 rumah milik warga masyarakat di Jalan Pemuda RT 2 RW 7 Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, mengalami musibah kebakaran, tepatnya tanggal 11 Maret 2018, sekitar pukul 11.45 WIB. Dari ke 3 rumah tersebut, 1 rumah mengalami rusak berat dan 2 rumah mengalami rusak ringan.

Kepala Unsur Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, Drs. Asep Suhendrawan menjelaskan, terjadinya musibah tersebut diprediksi akibat hubungan pendek arus listrik. Dijelaskannya, dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerugian akibat musibah tersebut, diprediksi mencapai puluhan juta rupiah, terutama untuk 1 rumah yang mengalami rusak berat milik Atang yang terbakar hingga 80 persen, kerugiannya diperkirakan mencapai Rp. 80 juta.

Dijelaskan pula, setelah mendapat informasi dari warga masyarakat bahwa di Jalan Pemuda Kelurahan Cikondang terjadi musibah kebakaran,  BPBD Kota Sukabumi langsung menurunkan sebanyak 20 personil dan 5 unit Mobil Damkar (Pemadam Kebakaran), yang dibantu oleh sejumlah aparat dari Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi dan aparat instansi lainnya, dalam beberapa jam berhasil memadamkan kobaran api, sehingga tidak merembet ke rumah warga masyarakat lainnya.

Lebih jauh dijelaskan, sejak tanggal 1 sampai dengan tanggal 11 Maret 2018, di wilayah Kota Sukabumi sudah terjadi sebanyak 13 kali, yang terdiri dari bencana banjir, tanah longsor, rumah roboh dan kebakaran. Untuk itu, Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Karena yang namanya musibah, kejadiannya tidak bisa diprediksi, baik mengenai tempat maupun waktunya.

Selain itu, Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi juga menghimbau kepada seluruh aparat wilayah kecamatan dan kelurahan serta aparat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan lembaga terkait lainnya di Kota Sukabumi, agar senantiasa siap siaga, untuk mengatasi dan menangani kemungkinan terjadinya musibah di wilayahnya masing-masing.

Diharapkannya, apabila terjadi musibah, baik banjir dan tanah longsor maupun kebakaran dan yang lainnya, warga masyarakat dan aparat wilayah agar segera menghubungi aparat BPBD Kota Sukabumi, melalui Pesawat Telepon Nomor 222 155 atau melalui Pesawat Telepon Nomor 624 4334, untuk secepatnya diatasi dan ditangani bersama secara optimal.